Pengusaha Sawit Minta Kejelasan Mengenai Moratorium Lahan Sawit

Michael Reily
31 Januari 2018, 15:07
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Kebun pembibitan kelapa sawit di Riau.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) meminta agar aturan Instruksi Presiden mengenai moratorium lahan sawit memiliki kejelasan bagi iklim usaha. Pasalnya, moratorium akan meminta perusahaan perkebunan inti menyisihkan 20% dari luas konsesi Hak Guna Usaha (HGU) mereka untuk petani rakyat.

Ketua Bidang Tata Ruang dan Agraria Gapki Eddy Martono menyatakan ketidakjelasan penggunaan lahan  dinilai bisa mengganggu iklim investasi dan perhitungan  bisnis perusahaan. Terlebih untuk syarat kewajiban penggunaan  20% lahan antar kementerian berbeda-beda.

Advertisement

Seperti  pada  Kementerian Pertanian  yang akan mengatur  kewajiban 20%  penggunaan lahan untuk petani plasma, di luar penggunaan lahan perkebunan. Sedangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan justru  meminta 20%  penggunaan lahan diambil dari hak lahan hasil pelepasan hutan. Lain lagi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang yang meminta 20% diambil dari Hak Guna Usaha.

Dengan adanya syarat yang berbeda di setiap kementerian menjadikan pengusaha kebingungan ketika hendak mengikuti aturan yang dipersyaratkan. Sehingga, produktivitas perusahaan  pun menjadi terganggu. “Bagaimana untuk anggota Gapki yang sudah menjadi perusahaan publik ? Ada aset valuasi yang mesti diperhitungkan,” jelas Eddy di Jakarta, Selasa (30/1).

Dia mengklim bahwa mayoritas anggota  Gapki telah mengikuti aturan Kementerian Pertanian yang telah berjalan sejak 2007. Dia pun menekankan bahwa pengusaha sawit sudah melakukan skema petani plasma sejak lama.

Namun,  dengan adanya perubahan peraturan yang kerap  tumpang tindih pada setiap kementerian  dinilai bakal membuat pengusaha kehabisan waktu dalam mengurus dan memenuhi aturan, bukannya fokus pada peningkatan produktifitas  dan ekspor. “Karenanya kebijakan moratorium ini akan terus monitor,” tutur Eddy.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya beberapa waktu lalu pernah menjelaskan  20% penggunaan lahan harus diberikan kepada masyarakat ketika pengusaha  mendapat hak pelepasan hutan. Namun,  pihak kementerian tetap bisa melakukan evaluasi untuk mengambil kembali lahan yang berada di atas tanah gambut.

“Undang-undang memberikan kewenangan untuk melakukan langkah bagi aspek kehutanan, sambil menyelaraskan peraturan agar tidak bertabrakan," ungkapnya.

Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement