Tekan Penyebaran Covid-19, Jokowi Putuskan Larangan Mudik Pagi Ini?

Image title
21 April 2020, 09:15
Tekan Penyebaran Covid-19, Jokowi Putuskan Larangan Mudik Pagi Ini?
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Sejumlah kendaraan antre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (24/12/2019) dini hari. Jokowi akan menggelar ratas terkait antisipasi mudik Lebaran pagi ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengadakan rapat terbatas (ratas) terkait antisipasi larangan mudik pagi ini. Wacana pelarangan mudik sebelumnya digulirkan pemerintah sebagai salah satu cara untuk mengurangi penularan virus corona.

Jokowi akan melakukan ratas dengan sejumlah menteri terkait pada pukul 10.00 WIB. Sejalan dengan imbauan pembatasan fisik, ratas akan dilakukan secara virtual. 

Advertisement

Kementerian perhubungan sebelumnya menyatakan, pemerintah mengeluarkan aturan pelarangan mudik pada pekan ini. Hal tersebut kemungkinan ditentukan usai presiden menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri. 

"Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah diputuskan. Untuk jadwal ratasnya saya belum begitu tahu," kata Budi kepada katadata.co.id, Senin (21/4).

(Baca: Pemerintah Kaji Larangan Mudik Lebaran, Ini Rencana Pengaturannya)

Namun demikian, pihaknya belum memiliki teknis aturan larangan mudik. Sebelumnya Kemenhub mengaku sedang mengkaji aturan untuk menekan mobilitas massa dalam jumlah besar.

Menurutnya, operasi angkutan umum akan diberhentikan jika kebijakan tersebut diterapkan."Sepanjang aturan dilarang mudik diterapkan, otomastis operasional angkutan umum berhenti," kata Budi.

Kementerian Perhubungan telah menyiapkan skema prosedur bila aturan diterapkan. Tak hanya angkutan umum, kendaraan pribadi dan sepeda motor juga nantinya tidak diperbolehkan keluar dari wilayah asal. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement