Bawang Putih Impor 58 Ribu Ton Bakal Banjiri Pasar Awal Bulan Mei

Image title
Oleh Ekarina
29 April 2020, 16:04
58 Ribu Bawang Putih Impor Bakal Banjiri Pasar Awal Mei.
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Tumpukan karung bawang putih di salahsatu kios Pasar Pagi, Tegal, Jawa Tengah, Senin (10/2/2020). Kemendag menyatakan 58 ribu bawang putih impor bakal masuk ke pasar awal Mei mendatang.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, sebanyak 58 ribu ton bawang putih impor bakal mulai masuk ke Indonesia awal Mei mendatang. Masuknya impor bawang putih ini diharapkan mampu mengatasi kelangkaan dan menurunkan harga di pasar. 

"Impor bawang putih sebagian sudah masuk, dan ditargetkan awal Mei sudah masuk 58 ribu ton dengan memanfaatkan relaksasi impor, " kata Agus dalam video conference di Jakarta, Rabu (29/4).

(Baca: Jokowi Catat Sejumlah Daerah Defisit Bahan Pokok, Terbesar Gula Pasir)

Dengan relaksasi impor, dia berharap pelaku usaha mendapat kemudahan dalam mengimpor bawang putih dan bawang bombai ke dalam negeri. 

Aturan relaksasi impor tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44 Tahun 2019.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa ketentuan impor bawang bombai dan bawang putih dikecualikan dari Persetujuan Impor dan Laporan Surveyor. Namun, kebijakan ini hanya berlaku sementara yakni hingga 31 Mei 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...