Jokowi Minta Daerah Terapkan PSBB dengan Target Terukur

Dimas Jarot Bayu
4 Mei 2020, 10:55
Jokowi Minta Daerah yang Terapkan PSBB Memiliki Target Terukur .
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Petugas kepolisian bertugas di pos Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jalan M H Thamrin, Kota Tangerang, Banten. Presiden Jokowi meminta daerah memiliki target terukur dan mengevaluasi penerapan PSBB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta setiap daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan target yang terukur. Dengan adanya target tersebut, setiap daerah bisa mengevaluasi capaian ataupun target pada saatPSBB diterapkan.

“Evaluasi yang terukur seperti ini perlu dilakukan,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/5).

Advertisement

Jokowi mengatakan, salah satu target yang bisa ditetapkan pemerintah daerah misalnya terkait jumlah pengujian sampel menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR). Mereka juga bisa memasang target pelacakan terhadap kasus positif yang ada di daerahnya.

(Baca: PSBB di Jakarta Dinilai Efektif, Corona Dapat Berhenti sebelum Lebaran)

Selain itu, pemerintah daerah juga dapat menargetkan isolasi pasien yang dinyatakan positif corona. "Karena saya melihat ada yang sudah positif saja masih bisa lari dari rumah sakit, yang PDP masih beraktivitas ke sana ke mari,"ujarnya. 

Kepala Negara juga meminta pemerintah daerah bisa memasang target proteksi terhadap orang-orang lanjut usia dan yang memiliki penyakit penyerta. Pasalnya, mereka merupakan kelompok yang paling berisiko meninggal dunia saat tertular corona.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement