Jelang Renovasi, McDonald's Sarinah, KFC dan 32 Gerai Lain Resmi Tutup

Ada 34 tenant atau penyewa gedung yang terdampak renovasi pembangunan gedung Sarinah, termasuk waralaba McDonald's.
Image title
Oleh Ekarina
11 Mei 2020, 11:15
Jelang Renovasi, McDonlad's Sarinah, KFC dan 32 Gerai Lain Resmi Tutup.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Suasana gedung pusat perbelanjaan Sarinah di kawasan Thamrin, Jakarta , Minggu (10/5/2020). Gedung Sarinah akan dipugar bertahap mulai Juni mendatang dan dijadikan sentra UMKM.

McDonald's Indonesia resmi menutup gerai di pusat perbelanjaan Sarinah pada Minggu (10/5) malam. Selain waralaba ini, PT Sarinah (Persero) menyatakan ada 33 gerai lain yang tutup menjelang renovasi gedung yang rencananya dilakukan bertahap mulai Juni 2020.

"Sebagai dampak renovasi ini dan dalam menjaga Golden Rule, maka secara fisik gedung harus dikosongkan dan pembongkaran gerai-gerai penyewa juga perlu dilakukan," kata Direktur Sarina, Fetty Kwartati dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (11/5).

Dia menyebut, ada 34 tenant atau penyewa gedung yang terdampak renovasi pembangunan gedung Sarinah, termasuk waralaba McDonald's. 

(Baca: Manajemen Ungkap Nasib Pekerja Usai Penutupan McDonald's Sarinah )

Advertisement

Mal atau pusat belanja pertama di Indonesia ini akan bertransformasi dengan konsep lokal namun dengan kemasan dan eksistensi kekinian dan yang menjanjikan pertumbuhan usaha berkelanjutan di masa depan.

Dia juga menyatakan, perusahaan telah lama menimbang renovasi gedung untuk  untuk menjaga kekokohan struktur dengan mempertimbangkan Golden Rule terkait dengan faktor keselamatan, kesehatan dan lingkungan Hidup. 

Renovasi gedung Sarinah sedianya akan dimulai pada Juni 2020, namun karena pandemi COVID-19 belum juga mereda, maka pekerjaan renovasi dimulai dengan pekerjaan desain, arsitektur, pemetaan, audit teknis dengan tidak menimbulkan kerumuman (crowd). Setlah pandemi Covid-10 mereda, baru kemudian akan dilanjutkan dengan konstruksi fisik.

"Kondisi yang sedang kita hadapi saat ini dimanfaatkan PT Sarinah (Persero) untuk kegiatan perancangan tersebut. Diharapkan jika wabah usai maka pekerjaan konstruksi bisa segera dimulai secara bertahap," kata Fetty.

Sarinah pun akan mengumumkan terkait peta arah dan cetak biru transformasi perusahaan.

(Baca: Penjualan Ritel Anjlok 95% Imbas Corona, 150 Ribu Karyawan Dirumahkan)

Kabar penutupan gerai  McDonald's Sarinah ramai diposting pengguna media sosial Twitter maupun Instagram sejak Jumat (8/5) hingga semalam. Di Twitter misalnya, topic McDonald's dicuit sekitar 94 ribu kali. 

Banyak pengguna membagikan foto momen terakhir makan di waralaba yang hits di era 90'an hingga saat ini lantaran lokasinya yang sangat strategis di pusat kota Jakarta. Beberapa tampilan foto juga menggambarkan kondisi saat  para pegawai McDonald's berpamitan sambil menutup toko.

 

.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait