Bus AKAP yang Angkut Penumpang saat PSBB Akan Ditempeli Stiker Khusus

Image title
11 Mei 2020, 20:23
Bus AKAP yang Beroperasi saat PSBB Akan Ditempeli Stiker Khusus.
ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.
Calon penumpang bersiap menaiki bus AKAP di terminal bayangan Pondok Pinang, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Kemenhub akan berikan stiker untuk beberapa moda bus yang beroperasi di tengah PSBB.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memasang stiker khusus dengan QR Code pada setiap bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang beroperasi selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal ini dilakukan untuk mengawasi secara ketat pelaksanaan penyelenggaraan transportasi darat.

Kententuan ini sebagaimana mengacu pada Surat Edaran Dirjen Tentang Petunjuk Operasional Transportasi Untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Pengendalian transportasi yang dilakukan juga sejalan dengan SE Gugus Tugas yang  bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

(Baca: Longgarkan Transportasi, Menhub: Mudik & Pulang Kampung Tetap Dilarang)

 "Terkait penyediaan transportasi pada moda darat, Kemenhub menyiapkan angkutan bus AKAP yang akan diberi stiker bertanda khusus yang dilengkapi QR Code dari perusahaan angkutan umum untuk menghindari pemalsuan," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati  melalui siaran pers yang diterima katadata.co.id, Senin (11/5).

Selain memberikan stiker pada armada bus, SE Dirjen tersebut juga mengatur  moda transportasi lainnya seperti perhubungan laut, udara dan perkeretaapian. Adapun SE Dirjen Perkeretaapian yang ditetapkan pada 7 Mei 2020, sedanglam SE Dirjen Perhubungan Darat, Laut, dan Udara yang ditetapkan pada 8 Mei 2020. 

Aturan tersebut berlaku sampai dengan 31 Mei 2020 dan dapat diperpanjang jika diperlukan. “Melalui Surat Edaran Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian, Kemenhub fokus melakukan pengendalian transportasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mendukung dan menindaklanjuti SE Gugus Tugas,” kata dia.

Adita menjelaskan ada beberapa tugas yang dilakukan oleh Kemenhub dan perushaan operator transportasi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...