Imbas Corona, Jokowi-Ma'ruf & Para Menteri Bayar Zakat secara Online

Jokowi berharap, dana zakat yang dihimpun Baznas dapat membantu masyarakat yang kesulitan yang terkena dampak corona.
Dimas Jarot Bayu
12 Mei 2020, 14:59
Marak Wabah, Jokowi-Ma'ruf & Para Menteri Bayar Zakat secara Online.
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Warga membawa beras yang diterimanya saat pemberian bantuan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Jokowi, Wapres dan para menteri membayar zakat secara online di tengah pandemi corona.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menunaikan pembayaran zakat kepada Badan Amal Zakat Nasional (Baznas). Namun, seiring merebaknya wabah virus corona, pembayaran zakat tersebut mereka lakukan secara online.

"Alhamdulillah pada hari ini saya bersama dengan Bapak Wakil Presiden dan para menteri bisa melaksanakan kegiatan zakat secara online," kata Jokowi saat menyerahkan zakat kepada Baznas melalui konferensi video, Selasa (12/5).

(Baca: Menag Minta Tak Ada Bukber, Tarawih dan Salat Idul Fitri Imbas Corona)

Jokowi mengatakan, membayar zakat merupakan kewajiban setiap umat Muslim untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan kepada sesama, khususnya para mustahik atau orang yang berhak menerima zakat. Jokowi berharap, dana zakat yang dihimpun Baznas dapat membantu masyarakat kesulitan yang terkena dampak corona.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengajak para pemberi zakat untuk membayarkannya melalui Baznas. Sebab, pembayaran zakat melalui Baznas lebih aman, teratur, dan disalurkan secara tepat.

"Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah puasa kita dan menyempurnakan ketaatan kita kepada Allah SWT," kata Jokowi.

(Baca: Video: Tren Zakat Digital di Tengah Pandemi)

Advertisement

Ketua Baznas Bambang Sudibyo menerima penyerahan zakat yang diberikan Jokowi, Ma'ruf, dan para menteri Kabinet Indonesia Maju. Bambang menyebut, pembayaran zakat ini penting, terlebih di tengah pandemi corona.

Sebab, banyak masyarakat yang membutuhkan dana dari zakat tersebut untuk bisa bertahan hidup. Bambang pun berharap langkah Jokowi ini diikuti banyak pihak.

"Semoga langkah ini segera diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang beragama muslim untuk segera memenuhi kewajiban zakatnya,” kata Bambang.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait