Antrean Sempat Membeludak di Terminal 2 Bandara Soetta

Image title
Oleh Ekarina
14 Mei 2020, 13:16
Sejumlah penumpang mengantre di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Jktinfo / Instagram
Sejumlah penumpang mengantre di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Antrean penumpang pada Kamis (14/5) pagi, tampak mengular di terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebuah foto yang menggambarkan antrean tanpa menjaga jarak viral di media sosial Twitter dan Instagram.

Dari foto yang diunggah akun instagram @Jktinfo, tampak ratusan penumpang antre di depan loket. Para penumpang antre berdempetan tanpa ada pengaturan jarak. Gambar diambil oleh salah satu penumpang dengan nama akun @pahlevi.rezzaaa. Postingan ini sudah disukai 66.199 orang.

Antrean penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta membludak pada Kamis (14/5) pagi. Penyebabnya, sebanyak 13 rute penerbangan dibuka berbarengan pada pukul 04.00 - 05.00 WIB.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga menyatakan pihaknya telah berupaya mengatur antrean namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

“Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB," kata Febri dalam siaran pers, Kamis (14/5).

(Baca: 13 Rute Penerbangan Bersamaan, Antrean Membludak di Soekarno-Hatta)

Penerbangan niaga berjadwal rute domestik kembali beroperasi mengangkut penumpang mulai 7 Mei 2020. Namun, penumpang yang diperbolehkan melakukan perjalanan wajib memenuhi syarat khusus sebagaimana yang tercantum pada Surat Edaran (SE) No. 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. 

Prosedur Penumpang di Bandara

Sejalan dengan pembukaan penerbangan, bandara yang beroperasi di bawah operator PT Angkasa Pura II menetapkan prosedur baru keberangkatan.

Director of Operations and Services PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan prosedur baru ini dijalankan di seluruh bandara yang dikelola perseroan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

(Baca: Penumpang Menumpuk di Bandara, Kemenhub Tegur AP II dan KKP)

Dia menyatakan, penerapan prosedur baru ini dijalankan secara ketat dan detail. Oleh karena itu, perusahaan mengimbau agar calon penumpang pesawat sudah hadir di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Prosedur baru ini juga dapat terlaksana karena koordinasi intensif dari seluruh stakeholder kebandarudaraan seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI & Polri, otoritas bandara, maskapai, dan pihak lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, prosedur baru ini  juga sudah diimplementasikan bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H.

(Baca: Prosedur Keberangkatan Penumpang Beralasan Mendesak di Soetta)

Adapun prosedur baru di Soekarno-Hatta tersebut, sebagai berikut:

Pertama, titik layanan keberangkatan hanya terdapat di 2 titik yaitu di Terminal 2 – Gate 4 dan Terminal 3 – Gate 3. Di setiap titik terdapat Posko Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19, yang menjadi bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...