Jelang New Normal, 64 Mal di Jakarta Siap Dibuka Mulai 5 Juni

Image title
26 Mei 2020, 10:43
Jelang New Normal, 64 Mal di Jakarta Siap Dibuka Mulai 5 Juni.
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp.
Ilustrasi pertokoan yang tutup di Duta Mall Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (7/4/2020). Sebanyak 64 mal atau pusat perbelanjaan di DKI Jakarta siap beroperasi menjelang pemberlakuan new normal.

Sebanyak 64 mal atau pusat perbelanjaan di DKI Jakarta siap beroperasi menjelang pemberlakuan new normal serta periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang akan berakhir pada 4 Juni 2020. Hal itu sebagaimana mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) No. 489 Tahun 2020 tentang perpanjangan PSBB di Jakarta. 

Pergub ini menyebutkan, Gubernur DKI Jakarta memperpanjang PSBB 14 hari sejak 22 Mei 2020 hingga 4 Juni 2020. Perpanjangan PSBB tersebut merupakan yang ketiga kali sejak pertama diberlakukan April lalu.

Advertisement

(Baca: Panduan New Normal di Tempat Kerja: Etika Batuk, Jam Kerja & Vitamin C)

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, sebanyak 64 mal di DKI Jakarta siap dibuka pada pada 5 dan 8 Juni 2020 dengan standar operasional prosedur (SOP) ketat.

Seluruh pengunjung nantinya hanya akan diperbolehkan masuk separuh dari kapasitas mal seiring penerapan protokol physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain.

"Semua anggota APPBI sudah siap dan mulai melakukan pengecekan ulang untuk menerapkan protokol kesehatan. Saya kira persiapannya sudah cukup matang," kata Stefanus kepada katadata.co.id, Selasa (26/5).

Secara umum, SOP yang diterapkan masih sama dengan sebelumnya seperti pembatasan pengunjung, peningkatan kebersihan dan higienitas pusat perbelanjaan serta mewajibkan pengunjung maupun penjaga toko menggunakan alat pelindung diri. Hanya saja, kali ini bakal diawasi lebih ketat dari sebelumnya.

"Untuk bioskop dan tempat hiburan lainnya saya kira belum segera dibuka. Bioskop juga sedang siap-siap, membuat SOP untuk itu," kata dia.

Berikut daftar mal yang dibuka hari Jumat, 5 Juni 2020

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement