Pembukaan Mal Diharapkan Tak Picu Gelombang Kedua Corona

Image title
26 Mei 2020, 20:17
Wacana Pembukaan Mal Diharapkan Tak Picu Gelombang Kedua Corona.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau salah satu pusat perbelanjaan, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Pemerintah diminta mengawasi ketat protokol kesehatan sebelum mengizinkan pembukaan mal.

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) meminta pemerintah untuk memperketat protokol kesehatan sebelum pembukaan aktivitas mal atau pusat perbelanjaan pada fase new normal. Hal ini untuk mencegah terjadinya gelombang kedua pandemi virus corona.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada indikasi penurunan penyebaran virus secara nasional, meski di beberapa daerah sudah ada penurunan jumlah kasus. 

Advertisement

Peneliti Indef Rusli Abdullah mengatakan pemerintah seharusnya hanya memperbolehkan pembukaan mal di wilayah yang tak memiliki tambahan kasus baru dalam dua pekan terakhir.

(Baca: Mahfud: Masih Wacana, Fase New Normal Belum Jadi Keputusan Pemerintah )

Pembukaan mal tak disarankan dilakukan pada wilayah yang menjadi episentrum penyebaran virus corona. Hal ini mempertimbangkan masa inkubasi virus tersebut.

"Kalau mau dibuka harus melihat lagi zonanya. Pertama lihat perkembangan penyebaran virus di masing-masing daerah yang jelas jangan sampai menjadi sumber episentrum baru," kata Rusli kepada katadata.co.id, Selasa (26/5).

Dia melanjutkan, jika mau dibuka, selama vaksin masih belum ditemukan harus ada protokol kesehatan sangat ketat. 

Dalam membuka kembali seluruh aktivitas perekonomian yang melibatkan banyak orang atau berpotensi adanya kerumunan, pemerintah harus berpedoman pada data-data tim medis atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sebab, jika pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat salah, dikhawatirkan akan berdampak terhadap lamanya proses pemulihan ekonomi.

Pemerintah dinilai harus tetap mengedepankan prinsip penanganan kesehatan dibandingkan dengan mempercepat pemulihan ekonomi. Karena, perekonomian dapat pulih sepenuhnya jika penanganan wabah telah ditangani dengan baik.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement