Disentil Anies, Pengusaha Koreksi Wacana Pembukaan Mal

Image title
Oleh Ekarina
27 Mei 2020, 15:19
Disentil Anies, Pengusaha Koreksi Wacana Pembukaan Mal.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sejumlah pengunjung memilih pakaian yang dijual di salah satu mal di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) belum memastikan pembukaan mal bisa dilakukan 5 Juni 2020 karena tergantung keputusan pemerintah daerah.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyatakan hingga kini masih menunggu keputusan pemerintah daerah (Pemda) terkait pembukaan mal atau pusat belanja. Padahal sebelumnya dikabarkan beberapa mal besar siap kembali dibuka mulai 5 Juni 2020 seiring pemberlakukan fase new normal

"Kami sedang menunggu arahan pemda, kalau boleh buka persyaratannya apa yang harus kami penuhi," kata Ketua Umum APPBI Stevanus Ridwan dikutip dari Antara, Rabu (27/5).

Stevanus menjelaskan pihaknya sendiri belum tahu kondisi sesungguhnya sebelum memutuskan untuk kembali membuka pusat perbelanjaan.

(Baca: Pengusaha Ritel Harap Jam Operasional Mal Berlaku Normal)

Dia pun mengoreksi pernyataan terkait wacana pembukaan kembali 64 mal besar di Jakarta pada 5 Juni mendatang. Menurutnya, APPBI DKI Jakarta hanya mendata kesiapan mal jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak diperpanjang setelah 4 Juni mendatang.

"Yang di DKI itu maksudnya melakukan persiapan, supaya nanti kalau PSBB tidak diperpanjang, kita ready untuk buka. Siapa yang siap, ya yang ada di daftar itu," katanya.

Dengan begitu, tidak serta-merta dapat dipastikan mal dibuka pada 5 Juni. Sebab itu menurutnya baru sebatas persiapan. 

Stevanus mengaku pengusaha memang berkeinginan agar bisa segera kembali membuka usaha. Karena akibat pandemi Covid-19, bisnis retail dan pusat belanja sangat terpukul dan kehilangan konsumen. 

"Menurut Gubernur DKI Jakarta Pak Anies benar, itu kita masih mimpi, masih ingin (buka) tapi situasinya belum tahu," katanya.

Anies sebelumnya mengatakan, dua pekan ini merupakan masa penentuan apakah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota akan diperpanjang atau tidak. Menurutnya, keputusan perpanjangan PSBB Jakarta akan bergantung pada seberapa besar tingkat penularan virus corona atau Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...