Sambut New Normal, Wishnutama Siapkan Standar Operasional Pariwisata

Dimas Jarot Bayu
28 Mei 2020, 14:57
Sambut Era New Normal, Wishnutama Siapkan SOP Pariwisata.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/hp.
Wisatawan mancanegara beraktivitas di kawasan obyek wisata Pura Taman Ayun, Badung, Bali, Kamis (12/3/2020). Pemerintah kan menyiapkan SOP pembukaan sektor pariwisata menyambut fase new normal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio sedang menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) di sektor pariwisata untuk menghadapi tatanan normal baru atau new nomal. Hal tersebut sebagaimana yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas melalui konferensi video yang digelar Kamis (26/5).

"SOP yang akan diterapkan di sektor pariwisata akan disiapkan. Berbagai macam bidang SOP tersebut banyak kaitannya, misalnya di hotel, restoran, dan lainnya yang akan diterapkan," kata Wishnutama usai rapat terbatas melalui konferensi video.

Setelah SOP tersebut rampung disusun, pihaknya akan melakukan simulasi dan sosialisasi. Jika simulasi dan sosialisasi telah dilakukan, baru selanjutnya SOP tersebut akan diuji coba.

(Baca: Jokowi Minta Daerah Wisata dengan Laju Corona Rendah Diidentifikasi)

"Tentu kita akan memprioritaskan sekali lagi daerah-daerah yang sudah siap, karena kesiapan daerah adalah salah satu faktor yang sangat penting," kata Wishnutama.

Menurutnya, SOP sektor pariwisata nantinya harus benar-benar diterapkan secara ketat. Bila pihaknya mengetahui ada yang melanggar SOP, pemerintah tak segan mencabut izin wisata.

Pasalnya, pelanggaran SOP dikhawatirkan dapat menyebabkan laju penyebaran virus corona Covid-19 di sebuah wilayah kembali meningkat. "Ini tentu punya konsekuensi yang tinggi," kata Wishnutama.

Adapun, dia memperkirakan penerapan SOP tersebut akan memakan waktu satu bulan sejak adanya keputusan membuka kembali pariwisata di era normal baru. Meski demikian, tidak semua daerah akan langsung membuka pariwisatanya di era normal baru.

Menurutnya, pembukaan pariwisata di era normal baru akan bergantung pada kesiapan daerah masing-masing. Saat ini, Kemenparekraf tengah berkoordinasi dengan sejumlah kepala daerah yang akan siap membuka kembali pariwisatanya dalam beberapa waktu ke depan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...