KKP Minta Tambahan Anggaran Rp 1 Triliun untuk Stimulus Nelayan

Dimas Jarot Bayu
28 Mei 2020, 14:29
KKP Minta Tambahan Anggaran Rp 1,024 Triliun untuk Stimulus Nelayan.
ANTARA FOTO/Rahmad
Nelayan melepaskan ikan dari jaring tambang di perairan laut Lhokseumawe, Aceh, Senin (24/2/2020).Kementerian KKP mengusulkan tambahan stimulus Rp 1,02 triliun untuk bantuan bagi nelayan dan petambak.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meminta tambahan anggaran sebesar Rp 1,02 triliun dalam APBN 2020. Tambahan anggaran tersebut digunakan untuk stimulus dalam rangka penguatan sektor nelayan tambak dan budidaya. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo merincikan, tambahan anggaran Rp 413,27 miliar akan digunakan untuk bantuan nelayan dan Rp 406,55 miliar marupakan bantuan untuk para pembudidaya.

Advertisement

“Bantuan pengolah dan pemasar Rp 36,07 miliar, bantuan petambak garam Rp 54,1 miliar,” kata Edhy usai rapat terbatas melalui konferensi video, Kamis (28/5).

(Baca: Terpukul Corona, Pengusaha dan Nelayan Mulai Kesulitan Menjual Ikan )

Adapun tambahan anggaran sebanyak Rp 106,48 miliar akan digunakan untuk pengawasan sumber daya keluutan dan perikanan, khususnya terkait penanganan kapal pencuri asing. Sebanyak Rp 8 miliar akan digunakan untuk pengawasan audit internal KKP.

“Ini kami optimalkan supaya seluruh kegiatan menangkap ikan di laut, supaya nelayan tidak lagi ada kesulitan akses masuk ke laut. Pembudidaya kami berikan bantuan untuk benih, dan indukan, kemudian sarana dan prasarana budidaya,” kata Edhy.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement