Jaga Stok Pangan Saat Pandemi, Mentan Klaim Tak Batasi Ekspor

Image title
Oleh Ekarina
5 Juni 2020, 10:11
Jaga Stok Pangan Saat Pandemi, Mentan Klaim Tak Batasi Ekspor.
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Pekerja menyortir tomat yang baru dipanen di persawahan desa Danupayan, Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2020). Kementan mengaku tak membatasi ekspor pertanian meski ada kekhawatiran ketahanan pangan di tengah pandemi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan pemerintah tak akan membatasi ekspor pertanian, meski tengah terjadi pandemi corona serta adanya kekhawatiran akan ketahanan pangan. Beberapa komoditas ekspor yang  masih didorong di antaranya jenis tanaman perkebunan dan hortikultura.

Untuk menjaga ketahanan pangan, pihaknya menjamin akan memprioritaskan tanaman pangan, seperti padi atau gabah untuk pasar dalam negeri. Namun, pada sektor tanaman lain seperti perkebunan dan hortikultura, Kementan mengaku tak membatasi ekspor.

Advertisement

Adapun  kegiatan ekspor pertanian utama yang selama ini dilakukan berasal dari subsektor perkebunan, seperti minyak kelapa sawit (CPO), kopi, kakao dan teh.

(Baca: Jaga Ketahanan Pangan, Gerakan Musim Tanam Kedua Dipercepat)

Selain itu, Kementan juga mendorong ekspor berasal dari tanaman hortikultura, seperti sayuran dan buah-buahan tropis.

"Kebijakan ini penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia maupun pendapatan para petani," kata  Menteri Syahrul Yasin Limpo dalam Press Briefing bersama Menteri Luar Negeri di Jakarta, Kamis (5/6).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement