Transisi PSBB Jakarta Dimulai, Penumpang KRL Menumpuk di Stasiun Bogor

Kepadatan penumpang terjadi di stasiun Bogor, Senin (8/6) pagi.
Image title
Oleh Ekarina
8 Juni 2020, 09:15
Transisi PSBB Dimulai, Penumpang KRL Kembali Menumpuk di Stasiun Bogor.
Twitter/ @rezaandy
Antrian penumpang di Stasiun Bogor, Senin (8/6) pagi. Penumpang kembali membeludak di hari pertama fase transisi PSBB dan pembukaan operasional perkantoran.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melonggarkan aktivitas perekonomian dalam masa transisi pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Seiring hal tersebut, kepadatan penumpang kerela rel listrik (KRL) pun kembali terlihat di stasiun.

Salah satu kepadatan penumpang terjadi di stasiun Bogor, Senin (8/6) pagi. Di media sosial twitter, Stasiun Bogor pun ramai dicuitkan netizen. Berdasarkan unggahan gambar dan video yang dibagikan, tampak antrian panjang penumpang menuju pintu masuk. 

Pemilik akun @ikisuhe memposting sebuah gambar pengguna krl antri menuju pintu masuk disertai keterangan foto. "Pagi tadi.. sejam baru bisa masuk kereta," ujarnya.

(Baca: Kereta Commuter Siapkan Tiga Tahap Operasi KRL untuk Masa Normal Baru)

Pengguna akun twitter lain mencuit kondisi terkini stasiun Bogor. "Keriuhan Stasiun Bogor pagi ini. Antrian penumpang menunggu giliran naik ke dalam KRL. Tampak polisi, TNI, pegawai DISHUB dan pegawai KAI/KCI membantu menertibkan protokol PSBB. Beberapa wartawan juga tampak melakukan peliputan," cuitnya kaun @rezaandy.

Kerumunan penumpang ini pun membuat penguna lain khawatir penyebaran virus bakal antar-penumpang kereta. "Entah bagaimana ceritanya, senangnya @CommuterLine bikin kerumunan di stasiun bogor. Antrian sampai keluar. Rupanya tidak belajar dari kebijakan yang sudah- sudah. Yang ada bukan new normal mah ini, new infection alias second wave Covid-19," ujar pemilik akun @valproat dalam postingannya.

PT Kereta Commuter Indonesia sebelumnya, telah menambah jam operasional KRL menjadi pukul 04.00 hingga 20.00 WIB mulai hari ini (5/6). Hal ini sejalan dengan masa pembatasan sosial berskala besar atau PSBB transisi yang berlaku di wilayah Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya.

VP Corporate Communications KCI Anne Purba menjelaskan, keberangkatan kereta-kereta pertama di wilayah penyangga DKI Jakarta akan dimulai pukul 04.00 WIB. Sementara keberangakatan kereta-kereta dari stasiun di wilayah Jakarta akan berakhir pukul 20.00 WIB.

(Baca: PSBB Transisi, KRL Mulai Hari Ini Beroperasi hingga Pukul 8 Malam)

"Dalam operasional di masa PSBB transisi ini, PT KCI akan mengoperasikan 892 perjalanan KRL. Jumlah ini bertambah dari masa PSBB sebelumnya sebanyak 784 perjalanan, ujar Anne dalam keterangan resmi, dikutop Jumat (5/6). Adapun jumlah rangkaian yang beroperasi tetap sebanyak 88 rangkaian per hari.

Sementara pintu stasiun-stasiun kereta di wilayah Jakarta yang semula ditutup pukul 18.00 WIB akan ditutup pukul 20.00 WIB mulai hari ini. "Dengan jam operasional yang ditambah, KCI mengajak para pengguna semakin disiplin mengikuti pengaturan physical distancing yang ada," jelas dia.

Adapun terkait kondisi penumpukkan penumpang di Stasiun Bogor pagi ini, KCI belum memberikan tanggapan.

 

 

 

Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait