Realisasi Produksi Batu Bara hingga Mei Baru Mencapai 42% Target

Image title
10 Juni 2020, 14:12
Realisasi Produksi Batu Bara hingga Mei Baru Mencapai 42% Target.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang,Sumatera Selatan, Rabu (15/1/2020). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan produksi batubara nasional pada 2020 dapat menembus angka 550 juta ton.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi produksi batu bara hingga Mei mencapai 228 juta ton. Angka tersebut mencapai 42% terhadap total produksi nasional sepanjang tahun ini yang dipatok mencapai 550 juta ton. 

Sementara realisasi penggunaan batubara untuk kepentingan domestik (Domestic Market Obligation/DMO) mencapai 53,55 juta ton.

(Baca: Kementerian ESDM Tolak Pelonggaran Royalti Batu Bara)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan realisasi produksi batubara masih sesuai dengan target.

"Realisasi produksi batu bara sampai 31 Mei masih sesuai dengan target. Dengan begutu, produksi batubara sampai Desember diperkirakan dapat mencapai target 550 juta ton," ujar Agung berdasarkan keterangan tertulis, Rabu (10/6).

Produksi batu bara dalam negeri tersebar di sejumlah provinsi. Detail mengenai wilayah dengan sumber daya batu bara terbesar bisa dilihat pada databoks berikut:

Sementara untuk realisasi ekspor batu bara hingga Mei 2020 mencapai 175,15 juta ton, setara dengan US$ 7,77 miliar. Prognosa volume ekspor tahun 2020 dipatok sebesar 435 juta ton.

Adapun menurut dia kebutuhan dan perdagangan batu bara di pasar internasional pada 2020 diproyeksikan menurun seiring adanya pandemi virus corona. Untuk mengantisipasi  hal tersebut, pemerintah juga sedang menajajaki ekspor ke beberapa negara berkembang lain seperti Vietnam, Bangladesh, dan Pakistan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...