Pasar Khawatir Lonjakan Kasus Corona, Harga Minyak Anjlok 2%

Image title
15 Juni 2020, 09:01
Pasar Khawatir Lonjakan Kasus Corona, Harga Minyak Anjlok 2% .
Katadata
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak kembali anjlok lebih dari 2% akibat kekhawatiran pasar akan lonjakan kasus corona.

Harga minyak mentah dunia pada perdagangan Senin (15/6) kembali jatuh melanjutkan penurunan harga pada pekan lalu seiring lonjakan kasus baru virus corona di Amerika Serikat (AS). Hal ini meningkatkan kekhawatiran terhadap gelombang kedua virus sehingga akan membebani pemulihan permintaan bahan bakar minyak.

Berdasarkan data Bloomberg pukul 08.00 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 turun 2,01% ke level US$ 37,95 per barel. Sementara, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 2,70% ke level US$ 35,28 per barel.

Advertisement

(Baca: Harga Minyak Turun Lagi ke US$ 38 Akibat Potensi Permintaan Anjlok)

Harga acuan minyak mentah dunia tersebut berakhir turun 8% pekan lalu sekaligus merupakan penurunan mingguan pertama sejak April. Seperti diketahui, AS saat ini menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus corona terbesar di dunia. 

Ada lebih dari 25.000 kasus baru dilaporkan pada Sabtu (13/6) lalu  yang mana Florida dan Texas melaporkan rekor tertinggi.  Sedangkan hingga hari ini, jumlah kasus Covid1-9 di Negeri Paman Sam telah mencpaai 2,1 juta kasus dari hampir 8 juta kasus virus di seluruh dunia. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement