Penjualan Properti di Tiongkok Mulai Naik Usai Diterjang Wabah Covid

Image title
Oleh Ekarina
15 Juni 2020, 14:15
Penjualan Properti di Tiongkok Mulai Naik Usai Diterjang Wabah Covid.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi unit apartemen. Pasar properti Tiongkok kembali tumbuh setelah lesu akibat diterjang pandemi corona.

Investasi dan penjualan properti di Tiongkok mulai menunjukkan pemulihan usai terpukul cukup parah akibat pandemi corona. Penjualan properti  di pasar ini tumbuh 9,7% pada Mei sekaligus merupakan laju tercepat sejak Juli 2018.

Adapun pertumbuhan tersebut juga membaik dibandingkan dengan penjuala selama April 2020 yang tercatta menurun 2,1%. Pasar properti merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan di ekonomi Tiongkok.

Advertisement

Penjualan sektor ini sempat anjlok akibat wabah corona dan karantina wilayah atau lockdown negara tersebut untuk menekan penyebaran corona. 

(Baca: Harga Properti Selangit, Bisnis Kos-Kosan Terus Naik)

Sejalan dengan pertumbuhan penjualan, investasi real estate Tiongkok pada periode Mei diproyeksikan meningkat 8,1% dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini sedikit lebih tinggi dibandingan bulan sebelumnya sebesar 7%, menurut analisis Reuters berdasarkan data dari Biro Statistik Nasional Tiongkok. 

Adapun sepanjang lima bulan pertama tahun ini, investasi properti Negeri Panda telah turun 0,3% secara tahunan, sedikit mengecil dibandingkan bulan sebelumnya. 

Namun demikian, konsumsi properti masih sedikit lesu, di tengah meningkatnya pengangguran dan kekhawatiran tentang risiko wabah corona gelombang kedua.

"Data Mei menunjukkan bahwa dampak dari epidemi telah pergi dan pasar properti Tiongkok akan terus memanas ke depan," kata Zhang Dawei, Analis Centaline dikutip dari Reuters, Senin (15/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement