Jadi Konstituen Dewan Pers, AMSI Perkuat Ekosistem Jurnalisme Digital

Image title
Oleh Ekarina
17 Juni 2020, 08:14
Jadi Konstituen Dewan Pers, AMSI Perkuat Ekosistem Jurnalisme Digital.
Dok. Istimewa
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko menerima para pemimpin redaksi yang tergabung dalam AMSI, Rabu (11/7/2018). Dewan Pers menerima AMSI sebagai konstituen resmi mewakili asosiasi penerbit media digital.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyambut baik keputusan Dewan Pers menerima AMSI sebagai konstituen resmi Dewan Pers mewakili asosiasi penerbit media digital. Pengakuan ini akan membuka peluang bagi asosiasi ini untuk lebih meningkatkan kualitas jurnalisme digital di Tanah Air.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 21/SK-DP/V/2020 tentang Hasil Verifikasi Organisasi Perusahaan Pers Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) tahun 2020. Surat itu diterbitkan pada 29 Mei 2020 dan ditandatangani Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh.

"Dewan Pers menilai AMSI telah memenuhi standar organisasi perusahaan sesuai Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/Peraturan-DP/III/2008,"  kata Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut dalam keterangan tertulis yang diterima katadata.co.id, Rabu (17/6). 

(Baca: Dewan Pers Akan Verifikasi AMSI Jadi Anggota)

AMSI  telah mendaftar menjadi konstituen Dewan Pers pada 27 Agustus 2018 dan diterima oleh Ketua Dewan Pers kala itu, Stanley Adi Prasetyo. 

Asosiasi Media Siber Indonesia didirikan pada 18 April 2017 yang ditandai dengan deklarasi para pemimpin redaksi media online di Dewan Pers, Jakarta. Deklarasi itu diikuti dengan penyelenggaraan Kongres pertama pada 22 Agustus 2017.

Kongres saat itu mengesahkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan menetapkan Ketua Umum serta Ketua Badan Pengawas dan Penasehat Organisasi. 

Pada 5 Mei 2018, AMSI bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Internews dan Google News Initiative menyelenggarakan Trusted Media Summit di Hotel Gran Melia, Jakarta.

Konferensi itu melahirkan kolaborasi CekFakta.com yang merupakan program kerjasama pemeriksaan fakta terbesar di Indonesia untuk menangkal hoaks dan misinformasi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...