Ekspor APD Dibuka, Pemerintah Diminta Mewajibkan Pemakaian Bahan Lokal

Image title
17 Juni 2020, 13:00
Ekspor APD Dibuka, Pemerintah Diminta Mewajibkan Pemakaian Bahan Lokal.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembuatan masker medis di PT Multi One Plus, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Kemendag memperbolehkan ekspor produk APD dan masker kesehatan ke sejumlah pasar.

Pemerintah resmi membuka keran ekspor alat pelindung diri dan maskealat pelindung diri (APD)  dan masker kesehatan ke sejumlah negara. Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mendesak pemerintah mewajibkan seluruh pelaku industri tekstil yang memproduksi APD dan masker agar menggunakan bahan baku lokal. 

Pasalnya, saat ini ketersediaan bahan baku masih melimpah. Selain itu, upaya ini juga bertujuan untuk membantu mendorong petumbuhan industri tektil dan produk tekstil  hulu.

Advertisement

Sekretaris Eksekutif API, Rizal Tanzil Rakhman mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya pemerintah untuk membuka kembali ekspor APD dan masker. Dengan begitu, diharapkan akan mampu membangkitkan kembali industri di tengah kelesuan usaha beberapa bulan terakhir. 

(Baca: Dorong Aktivitas Ekonomi, Mendag Buka Keran Ekspor APD dan Masker)

"Minimal bisa membantu industri garmen yang fokus di APD apalagi kalau itu memakai bahan baku lokal memang bisa memicu bangkitnya industri tekstil yang lain," kata Rizal kepada katadata.co.id, Rabu (17/6).

Menurut dia, hingga saat ini stok bahan baku APD dan masker yang terbuat dari polyester hasil industri nasional masih sangat melimpah. Bahkan, stoknya mencukupi untuk kebutuhan produksi yang saat ini bisa mencapai 16 juta potong per bulan.

Kendati demikian, dia memperkirakan rencana ekspor tak berdampak signifikan terhadap perbaikan kinerja industri tekstil dan produk tekstil secara nasional. Pasalnya, hingga saat ini baru ada 30 industri sekala menengah dan besar yang mampu mengekspor APD dan masker.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement