Uji Klinis Vaksin Corona Kalbe Farma Siap Dimulai Bulan Ini

Sedangkan uji klinis vaksin virus corona fase kedua rencananya digelar di Indonesia pada Agustus 2020.
Dimas Jarot Bayu
18 Juni 2020, 16:01
Uji Klinis Vaksin Corona Kalbe Farma Bakal Dimulai Bulan Ini.
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Menteri Riset dan Teknologi yang juga Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius (kanan) meninjau fasilitas lab dan R & D anak perusahaan.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Kerja sama riset pengembangan vaksin virus corona antara PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dan perusahaan asal Korea Selatan, Genexine Inc akan memasuki tahap uji klinis.  Adapun, proses uji klinis fase pertama rencananya dimulai pada Juni 2020 di Korea Selatan.

Sedangkan uji klinis vaksin virus corona fase kedua rencananya digelar di Indonesia pada Agustus 2020. “ Pada uji klinis fase kedua di Indonesia sekaligus akan membuktikan apakah vaksin berkhasiat terhadap strain transmisi lokal,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui konferensi video, Kamis (17/6).

Wiku mengatakan, kerja sama riset antara Kalbe Farma dan Genexine tak hanya terkait pengembangan vaksin. Kerja sama  juga bertujuan memahami sifat dari virus corona yang menjadi pandemi di dunia.

(Baca: Kembangkan Vaksin Corona dengan Genexine, Saham Kalbe Farma Jatuh 1,8%)

Selain itu, riset dilakukan untuk mengidentifikasi varian genome dari strain corona yang ada di Indonesia. “Serta untuk pengembangan obat dan penanganan corona,” kata Wiku.

Menurut Wiku, seluruh komponen riset ini akan membantu untuk menyelesaikan masalah pandemi corona yang terjadi. Walau demikian, dia memastikan riset tersebut akan tetap mengutamakan keselamatan pasien dan prinsip ilmiah lainnya.

Sekadar informasi, Kalbe Farma dan Genexine telah membuat usaha patungan atau  joint venture bernama PT Kalbe Genexine Biologic. Usaha patungan itu bergerak dalam  bidang riset, pengembangan dan pembuatan bahan baku obat-obatan bioteknologi di Indonesia.

(Baca: Obat Herbal Kekebalan Covid-19 Produksi Kalbe Farma Jalani Uji Klinik)

Kalbe Farma dan Genexine pun sepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona oleh konsorsium. Beberapa pihak lain yang tergabung, di antaranya Binex, The International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), dan Pohang University of Science & Technology (POSTECH).

Per berharap penelitian dan pengembangan vaksin virus corona ini bisa segera dilakukan dan mendapatkan hasil secara cepat. Dengan demikian kebutuhan vaksin di Indonesia dapat segera terjamin ketersediaannya.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait