Normal Baru, Bioskop CGV Bakal Beri Jarak Kursi Penonton

Penentuan jarak nantinya ditentukan berdasarkan besaran auditorium atau kapasitas ruangan bioskop di setiap lokasi.
Image title
Oleh Rizky Alika
18 Juni 2020, 19:29
New Normal, Bioskop CGV Beri Jarak Satu Tiap Satu Kursi Penonton.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi gedung bioskop. Pemilik jaringan bioskop CGV telah menyiapkan protokol kesehatan menjelang pembukaan kembali operasional pada fase normal baru.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemilik jaringan bioskop PT Graha Layar Prima atau CGV telah menyiapkan protokol  kesehatan menjelang pembukaan kembali operasional bioskop pada fase normal baru (new normal). Salah satu ketentuannya yaitu, dengan menerapkan pemberian jarak antar kursi penonton guna mencegah penularan Covid-19.

"Social distance seating, penonton diberi jarak satu kursi dengan penonton lain," kata Head of Sales and Marketing CJ CGV Cinemas, Manael Sudarman kepada Katadata, Kamis (18/6).

Menurutnya, penentuan jarak nantinya ditentukan berdasarkan besaran auditorium atau kapasitas ruangan bioskop di setiap lokasi. Meski begitu, penonton tetap diberikan kesempatan untuk memilih tempat duduk yang diinginkan.

(Baca: Bioskop CGV Tutup akibat Pandemi Corona, Gaji Karyawan Dipangkas 50%)

Untuk auditorium berukuran besar, CGV akan mengosongkan kursi di beberapa barisan. "Auditorium besar akan ada area bangun 2 kosong 2 kosong. Dan row berikutnya 1 kosong 1 kosong," ujar dia.

CGV juga akan menerapkan sejumlah protokol lainnya selama new normal. Salah satunya, dengan mengubah metode kerja dengan mengefisiensikan tenaga manusia.
Kemudian, metode kerja juga akan difokuskan pada kebersihan karyawan maupun pelanggan.

Hal lain yang juga akan menjadi kebiasaan baru bisnis bioskop selama normal baru, yait dengan mengarahkan calon penonton untuk melakukan transaksi pembelian secara nontunai. 

Dengan begitu, proses transaksi bisa menggunakan digital payment atau e-wallet. Selanjutnya, CGV juga melakukan penyesuaian jam tayang dengan jam operasional mal serta menyediakan lebih banyak fasilitas kesehatan seperti hand sanitizer.

Strategi CGV Jaga Keuangan 

Minimnya akan aktivitas  masyarakat di luar rumah yang mau tak mau mempengaruhi bisnis perusahaan, Manael pun memaparkan strategi CGV dalam menjaga keuangan di tengah pandemi. 

Salah satunya, CGV melakukan kegiatan digital marketing di seluruh online platform atau Social Networking Sevices CGV. Hal ini diikuti dengan pengalihan layanan secara virtual dan memaksimalkan konten kreatif di digital platform CGV.

(Baca: Mal di Jakarta Mulai Buka Hari Ini, Berikut Protokol Kesehatannya)

Selain itu, pihaknya berupaya mengurangi biaya-biaya sewa tempat usaha melalui negosiasi dengan pemilik-pemilik lahan. Lalu, kolaborasi dengan para pelaku industri film dalam mempersiapkan film lokal terbaru yang akan ditayangkan di bioskop CGV setelah pemulihan pandemi Covid-19.

"Kami juga menstabilkan bisnis perseroan dengan menurunkan sebisa mungkin beban biaya usaha," ujar Manael.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait