Imbas Covid-19, RI Berpeluang Pasok Otomotif hingga Kertas ke Kanada

Rizky Alika
19 Juni 2020, 16:26
Imbas Covid-19, RI Berpeluang Pasok Otomotif hingga Kertas ke Kanada.
Katadata
Ilustrasi kapal pengangkut barang ekspor. Indonesia berpotensi mengisi pasar Kanada seiring pandemi corona.

Pandemi corona telah berdampak terhadap sektor perdagangan dan rantai pasok dunia, salah satunya ke Kanada. Negara ini mengalami kekosongan serta disrupsi rantai pasok beberapa barang dari Tiongkok sehingga memberikan peluang  bagi Indonesia meningkatkan perdagangan ke sana.

"Akibat Covid-19 ini, ada kekosongan pasar, disrupsi supply chain dari Tiongkok sehingga ada peluang buat kita," kata Kapuslitbang Kebijakan Kawasan Amerop, Kementerian Luar Negeri Ben Perkasa Drajat dalam webinar perdagangan, Jumat (19/6).

Menurutnya, Kanada memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi dengan Amerika Serikat dan Tiongkok. Namun, rantai pasok tersebut terganggu sejak adanya Covid-19.

(Baca: Kemendag Incar Pangsa Pasar Baru untuk Genjot Ekspor Makanan & Minuman)

Ben pun telah melakukan kajian terhadap produk Indonesia yang berpotensi diekspor serta memiliki daya saing tinggi ke sana, seperti otomotif dan komponennya, produk kertas, alas kaki, dan produk karet mobil.

Komoditas tersebut merupakan 50 besar komoditas yang telah diekspor Indonesia ke seluruh dunia dalam lima tahun terakhir. "Jadi pada komoditas ini, produsen Indonesia terbukti memiliki pengalaman dan akses pasar yang baik," ujar dia.

Meski begitu, dia juga memaparkan ada beberapa kendala akses ekspor produk ke Kanada. Seperti, Indonesia tidak memiliki pelayanan kargo yang langsung ke Kanada. Dengan begitu, pengiriman harus melalui Jepang dan Tiongkok sehingga menjadi kurang efektif.

Untuk  jangka pendek, pemerintah bisa melakukan beberapa kebijakan. Pertama, mulai mengidentifikasi perusahaan Indonesia yang memproduksi keempat komoditas tersebut. Kedua, segera melakukan penjajakan dengan pihak pembeli di Kanada.

Takn hanya di bidang perdagangan, Indonesia juga memiliki kesempatan meningkatkan investasi dari Kanada. Contohnya, investasi pada sektor mesin, mesin elektrik dan perangkatnya, dan kendaraan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...