Ikatan Pedagang Klaim 92% Pasar Tradisional di Indonesia Bebas Covid

Image title
19 Juni 2020, 19:59
Ikatan Pedagang Klaim 92% Pasar Tradisional di Indonesia Bebas Covid.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Suasana aktivitas jual beli di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Minggu (14/6/2020). Ikatan Pedagang Pasar mengklaim 92% pasar di seluruh Indonesia aman dari paparan Covid-19.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengklaim 92% pasar tradisional yang berada di seluruh Indonesia aman dari paparan Covid-19. Para pengunjung pun diimbau untuk tidak khawatir berbelanja di pasar meskipun diterapkan protokol kesehatan ketat.

Ketua Bidang Infokom Dewan Pimpinan Pusat IKAPPI Reynaldi Sarijowan meminta semua pihak untuk meningkatkan sosialisasi kepada pedagang dan pengunjung mengenai bahaya Covid-19. Dengan begitu, kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan semakin tinggi.

Advertisement

Pasalnya, hingga saat ini masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah masih belum mengetahui cara pencegahan penularan virus.

(Baca: Pedagang Desak Anies Sosialisasi Bahaya Corona Ketimbang Tutup Pasar)

"Kami sempat menganalisa kurang lebih ada 92% pasar tradisional yang ada di Indonesia itu aman untuk dikunjungi dan berbelanja karena memang tingkat penularan virusnya tidak terlalu tinggi.Perlu peran dari pemerintah untuk berkolaborasi agar persoalan ini cepat selesai," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (19/6).

Adapun sosialisasi kepada pedagang pasar tradisional menurutnya harus dilakukan lebih masif. Pasalnya, kesadaran pedagang untuk menjalankan protokol kesehatan secara disiplin masih relatif rendah.

Bahkan, Reynaldi menyebutkan sebagian besar pedagang masih bayak yang percaya hoaks corona yang berkembang di media sosial tanpa mengetahui kebenaran informasi tersebut. Oleh karena itu, IKAPPI mendesak pemerintah untuk berdialog saat menentukan kebijakan-kyang akan diambil.

"Banyak informasinya perlu diluruskan dan mereka harus diedukasi bahaya Covid-19, kami hanya berharap pedagang bisa selamat dan pengunjung yang berada di pasar tidak merasa takut," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement