Erick Thohir: Pembelian Saham Vale Mendorong Industri Mobil Listrik

Agatha Olivia Victoria
20 Juni 2020, 19:42
Erick Thohir: Pembelian Saham Vale Mendorong Industri Mobil Listrik.
dokumentasi
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penandatanganan pembelian saham divestasi BUMN Pertambangan MIND ID dengan PT Vale Indonesia.

Holding BUMN Pertambangan, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) atau Minning Industry Indonesia (MIND ID) resmi meneken perjanjian pembelian 20% saham divestasi PT Vale Indonesia Tbk (PTVI). Menteri BUMN Erick Thohir menilai transaksi tersebut bisa ikut mendorong pengembangan industri baterai mobil listrik.

Indonesia merupakan salah satu produsen nikel terbesar di dunia. Nikel memiliki potensi tinggi pada masa mendatang seiring pesatnya tren kendaraan listrik di dunia.

Advertisement

"Sehingga transaksi saham Vale Indonesia ini menjadi bagian penting dalam rencana pengembangan industri baterai untuk mobil listrik," kata Erick dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Sabtu (20/6).

(Baca: Holding BUMN Tambang Resmi Beli 20% Saham Divestasi Vale Rp5,5 Triliun)

Transaksi tersebut menurutnya turut menggambarkan komitmen pemerintah dalam memastikan lingkungan serta pengembangan strategi jangka panjang industri pertambangan Indonesia.

Dia menyebut, Indonesia saat ini  berperan strategis dalam industri nikel global. Dengan adanya transaksi ini, diharapkan bisa berkontribusi terhadap pengembangan industri nikel di Tanah Air. PTVI saat ini dinilai memiliki salah satu aset nikel terbaik dan terbesar di dunia.

Selain itu, kemitraan MIND ID dengan Vale Indonesia juga dinilai sebagai bukti kepercayaan  perusahaan pertambangan global terhadap peluang pasar di Tanah Air.

“Partisipasi MIND ID di dalam perusahaan tambang kelas dunia, seperti Vale dan Freeport, merupakan bukti keberhasilan Indonesia dalam menjaga dan menarik investasi perusahaan global ke industri pertambangan nasional,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement