Bulog Kembali Ditugaskan Salurkan Beras Bansos 450 Ribu Ton

Rencana penyaluran beras bansos untuk 10 juta KPM sudah ia terima secara lisan.
Image title
Oleh Ekarina
23 Juni 2020, 14:18
Bulog Kembali Ditugaskan Salurkan Beras Bansos 450 Ribu Ton.
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/hp.
Pekerja mengangkut beras lokal di Perum Bulog Subdivre Lebak-Pandeglang, Banten, Senin (22/6/2020). Bulog kembali mendapat penuasan penyaluran beras bansos 450 ribu ton.

Perum Bulog menyatakan, kembali memproleh penugasan penyaluran beras bantuan sosial (Bansos) pemerintah untuk masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 450 ribu ton dalam tiga bulan mendatang,  Bansos tersebut akan disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). 

"Ke depan, ada penugasan 450 ribu ton. Tahun ini ada 900 ribu ton yang harus disiapkan untuk bansos. Kesiapannya sudah oke," kata Direktur Utama Bulog, Budi Waseso dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/6).

Dalam program tersebut, setiap KPM akan menerima 15 kilogram beras.  Menurutnya, rencana penyaluran beras bansos untuk 10 juta KPM sudah ia terima secara lisan.

(Baca: Buwas Ancam Pecat 100 Pegawai Bulog yang Permainkan Distribusi Beras)

"Sudah kooddinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Tinggal menunggu surat penugasan dari Mensos mengenai pelaksaannya," ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri yang akrab disapa Buwas itu menyebut, pada prinsipnya perusahaan siap menjalankan penugasan, bahkan jika diminta dalam waktu dekat. 

Pihaknya optimistis mampu menyalurkan beras bansos bahkan untuk penyaluran pada Desember mendatang. Selain dipenuhi dari stok beras di gudang saat ini sebnayka 1,4 juta ton, perusahaan hingga kini masih melakukan penyerapan beras dari petani di berbagai daerah.

"Ini yang meyakinkan saya bahwa beras kami kondisinya cukup dan baik untuk kegiatan di kita sampai bulan Desember. Ketersediaanya cukup, kita tidak perlu impor," katanya.

(Baca: Bulog Salurkan Beras Bansos Tahap II untuk 1,85 Juta Warga Jabodetabek)

Sebelumnya, Bulog telah menyelesaikan penugasan penyaluran bansos beras Presiden tahap I dan II kepada 3,25 juta warga terdampak di wilayah Jabodetabek. 

Rinciannya, pada tahap pertama penyaluran periode 5-22 Mei 2020, bansos diberikan sebanyak 1,45 juta paket dengan total beras disalurkan sebanyak 36.440 ton.

Sedangkan di tahap kedua periode 1-15 Juni 2020, jumlah paket yang dibagikan sebanyak 1,86 juta dengan total beras 46.546 ton.

Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait