Hyundai dan LG Bangun Pabrik Patungan Baterai Mobil Listrik di RI

Image title
Oleh Ekarina
23 Juni 2020, 18:19
Hyundai dan LG Bangun Pabrik Patungan Baterai Mobil Listrik di RI.
ANTARA FOTO/Fauzan
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik. Dua raksasai industri Korea Selatan LG dan Hyundai dikabarkan tengah membahas rencana pendirian pabrik baterai mobil listrik di Indonesia.

Raksasa otomotif Korea Selatan, Hyundai Motor Group dan LG Chem Ltd  dikabarkan tengah berencana mendirikan pabrik patungan di Indonesia. Pabrik tersebut akan memproduksi sel baterai untuk mobil listrik (EV).

Dikutip dari Reuters, Pemimpin Grup LG Koo Kwang-mo dan Wakil Ketua Eksekutif Grup Motor Hyundai Euisun Chung telah bertemu pada Senin (22/6). Pertemuan keduanya disebut untuk membahas kerja sama dalam baterai mobil listrik termasuk teknologi baterai masa depan.

LG Chem dan Hyundai Motor Group mengkonfirmasi pertemuan itu tetapi mengatakan tidak ada yang diputuskan mengenai rencana bisnis kedua perusahaan. 

(Baca: Kemenhub Berencana Beli 100 Mobil Listrik untuk Kendaraan Operasional)

“Hyundai Motor Group berkolaborasi dengan LG Chem dalam berbagai proyek. Namun, belum ada diskusi konkret tentang usaha patungan baterai di Indonesia, ”kata Hyundai dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Kedua perusahaan juga belum merinci besaran investasi maupun kapasitas produksi. Namun, menurut sebuah sumber yang mengetahui rencanan ini mengatakan, investasi ini dilakukan untuk mengamankan pasokan baterai kendaraan dan mengantisipasi kenaikan permintaan mobil listrik di Indonesia. 

Pasalnya, kendaraan listrik diprediksi akan ramai ke depan menyusul rencana pemerintah mengurangi emisi karbon. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...