Dilibas Smartphone, Olympus Mundur dari Bisnis Kamera setelah 84 Tahun

Image title
Oleh Ekarina
25 Juni 2020, 13:58
Dilibas Smartphone, Olympus Mundur dari Bisnis Kamera setelah 84 Tahun.
Olympus-global.com
Kamera Olympus. Olympus Corporation menjual divisi kameranya kepad aperusahaan swasta Jepang karena kerap merugi seiring pertumbuhan penjualan smartphone.

Disrupsi teknologi digital dan berkembangan fitur smartphone yang kian canggih menggilas bisnis kamera. Salah satu perusahaan yang mempelopori produk ini yaitu Olympus Corporation akhirnya menyerah dan bakal menjual divisi bisnis kameranya setelah 84 tahun eksis.

Pabrikan Jepang itu mengumumkan rencana penjualan divisi kamera kepada perusahaan ekuitas swasta, Japan Industrial Partners Inc.

Advertisement

Japan Industrial Partners sebelumnya membeli kelompok divisi laptop Vaio, salah satu lini andalan Sony Corp enam tahun lalu dan mengubahnya menjadi Vaio Corp.

Alasan perusahaan menjual divisi tersebut lantran bisnis kamera terus menyusut satu dekade terakhir. Alhasil, 5,5% pendapatan tahun fiskal perseroan menyusut dan menyebabkan kerugian operasional selama tiga tahun terakhir.

(Baca: Xiaomi Luncurkan Note 8 Pro, Kamera 64 Megapixel Pertama di Dunia)

Peralatan medis seperti endoskopi sekarang mengisi kekosongan penjualan Olympus dan berkontrubusi sekitar empat perlima dari  total penjualan tahunan.

"Strategi pemangkasan biaya untuk mengatasi pasar kamera digital yang terpukul parah, antara lain karena penyusutan pasar dan evolusi smartphone", kata Olympus dikutip dari Bloomberg, Kamis (26/6).

Meski demikian, perusahaan tidak mengungkapkan nilai kesepakatan dari transaksi yang ditutup pada akhir September 2020 itu.

Sebuah perusahaan baru akan diciptakan untuk menjalankan bisnis kamera sebagai penerus merek-merek terkemuka seperti OM-D dan ZUIKO. Perusahaan tersebut akan memanfaatkan teknologi inovatif dan produk unik yang telah dikembangkan dalam Olympus.

Bersama dengan Panasonic Corp, Olympus mempopulerkan format Micro Four Thirds fotografi digital, yang menggabungkan portabilitas kamera kasual point-and-shoot dengan kualitas peralatan yang lebih profesional. 

Sejarah Olympus

Dikutip dari BBC, perusahaan mengatakan telah mengerahkan segala upaya terbaiknyaa di tengah pasar kamera digital yang turun tajam dan tak lagi menguntungkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement