Jokowi Minta Menteri Buat Terobosan dan Tak Ego Sektoral Tangani Covid

Dimas Jarot Bayu
29 Juni 2020, 12:20
Jokowi Minta Ada Terobosan Tak Biasa untuk Penanganan Corona.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/wsj.
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri membuat terobosan dalam percepatan penanganan virus corona. Dengan demikian, upaya percepatan penanganan corona akan memberi dampak yang signifikan.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta para menteri dan pembantunya bekerja secara tidak linier ataupun datar seperti biasa. “Saya minta ada sebuah terobosan yang bisa dilihat oleh masyarakat,” katanya saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6).

Menurut Jokowi, terobosan tersebut dapat dilakukan dengan menambah tenaga kesehatan di provinsi yang tren penyebaran coronanya masih tinggi. Nantinya, tenaga kesehatan itu dapat disediakan dari pemerintah pusat.

(Baca: Jokowi: Jangan Ada Lagi Kasus Ambil Paksa Jenazah Pasien Corona)

Pemerintah juga dapat menambah lebih banyak peralatan medis dalam percepatan penanganan corona. Selain itu, pemerintah dapat memperbaiki manajemen dalam percepatan penanganan corona.

“Dua hal tadi kita kontrol di provinsi. Karena kalau tidak kita lakukan sesuatu dan masih datar seperti saat ini, tak akan ada pergerakan yang signifikan,” kata Jokowi.

Kepala Negara pun meminta agar upaya pengendalian corona dapat terintegrasi. Dengan demikian, kerja pemerintah dalam pengendalian corona bisa berjalan efektif.

"Saya kira (ego sektoral) ini harus sudah kita hilangkan," kata Jokowi.

(Baca: 112 Daerah Zona Hijau dan 188 Zona Kuning Covid-19, Ini Daftarnya)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...