Tinjau Penanganan Corona, Jokowi Gelar Kunjungan Kerja ke Jawa Tengah

Jokowi akan memberikan sejumlah arahan untuk penanganan corona secara terintegrasi di Jawa Tengah.
Dimas Jarot Bayu
30 Juni 2020, 10:25
Tinjau Penanganan Corona, Jokowi Gelar Kunjungan Kerja ke Jawa Tengah.
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) dalam kunjungan kerja ke Jawa Timur sebelumnya. Presiden akan kembali melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah untuk memantau penanganan corona.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan aktivitas kunjungan kerja di tengah pandemi virus corona, Selasa (30/6). Presiden akan bertolak Provinsi Jawa Tengah, guna meninjau penanganan virus corona hingga memantau perkembangan kawasan industri.  

Jokowi dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.10 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Presiden langsung menuju posko penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Jokowi akan memberikan sejumlah arahan untuk penanganan corona secara terintegrasi di Jawa Tengah. Adapun, arahan tersebut bakal disampaikan melalui video konferensi.

(Baca: Moeldoko: Jokowi Marah Karena Penanganan Corona Tak Sesuai Harapannya)

Dari posko penanganan Covid-19, Jokowi dijadwalkan menuju Kawasan Industri Terpadu Batang. Selain meninjau lokasi tersebut, Presiden juga akan melihat pemaparan terkait relokasi investasi asing ke Indonesia.

Setelah itu, kunjungan kerja dilanjutkan dengan meninjau proyek padat karya di Batang. Dalam peninjauan tersebut, Jokowi akan dipandu oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Siang harinya, Jokowi beserta rombongan diagendakan meninjau pabrik furnitur berorientasi ekspor di Demak dan langsung menuju Bandara Ahmad Yani, Semarang, untuk kemudian kembali ke  Jakarta.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Ada pula Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Berikutnya, ada Staf Khusus Presiden Arif Budimanta, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

(Baca: Jokowi Minta Menteri Buat Terobosan dan Tak Ego Sektoral Tangani Covid)

Sekadar informasi, Jokowi sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (25/6). Ketika itu, Jokowi bertolak ke dua wilayah, yakni Surabaya dan Banyuwangi.

Di Surabaya, Jokowi memberikan arahannya di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Jawa Timur. Dia lalu meninjau langsung pasar tradisional dan pasar pelayanan publik Rogojampi.

Jokowi kemudian menuju Pantai So Long, Banyuwangi untuk meninjau kesiapan adaptasi kebiasaan baru di destinasi wisata tersebut. Menurut Jokowi, Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang paling serius menyiapkan prakondisi menuju tatanan normal baru.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait