Mayora Ekspor Produk Makanan Minuman Rp 1,07 Triliun

Rizky Alika
30 Juni 2020, 17:07
Mayora Ekspor Produk Makanan Minuman Rp 1,07 Triliun.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Sejumlah truk membawa muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020). Mayora Grup mengekspor produk makanan minuman senilai Rp 1 triliun.

Mayora Group kembali mengekspor produk makan minuman (mamin) senilai Rp 1,07 triliun. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto optimistis ekspor produk mamin dapat bertahan dan tetap berkembang di tengah pandemi corona

"Produk mamin Indonesia diharapkan bisa semakin eksis dan dikenal, tidak hanya di kancah domestik namun juga di seluruh dunia," kata Agus usai melepas kontainer ekspor ke-4.000 Mayora Group dalam siapan pers, Selasa (30/6).

Sepanjang Januari-Juni 2020, Mayora Group secara total telah mengekspor 17.000 kontainer makanan minuman ke sejumlah pasar. Hal tersebut diharapkan bisa  terus dipertahankan di masa pandemi.

(Baca: Dorong Ekspor Makanan, Pemerintah Diminta Fokus Garap Pasar Afrika)

Agus menjelaskan, beberapa produk Mayora, seperti Torabika dan Kopiko telah memiliki pasar di negara lain. Misalnya, permen kopiko yang merupakan produk permen kopi nomor satu di Filipina, Vietnam, Malaysia, India, kawasan Afrika dan Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.

Selain itu, produk kopi kemasan Mayora juga telah menjadi pemimpin pasar di Filipina dengan torehan sebesar 46%.

Dengan capaian tersebut, Agus pun optimistis masih ada peluang ekspor di beberapa sektor seperti pertanian, kesehatan, dan mamin olahan. Terlebih lagi, kesadaran konsumen terhadap produk mamin yang higienis dan baik bagi imun tubuh terus meningkat.

"Untuk itu, diperlukan strategi khusus dalam memasarkan produk yang inovatif dan berkualitas, bermutu, serta memiliki produktivitas yang efisien," ujar Agus.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...