OTT Bupati Kutai Timur, KPK Sita Sejumlah Uang dan Buku Rekening

Image title
Oleh Ekarina
3 Juli 2020, 09:25
OTT Bupati Kurtai Timur, KPK Sita Sejumlah Uang dan Buku Rekening.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) berbincang dengan Juru Bicara Ali Fikri didampingi Deputi Penindakan Karyoto (kiri). KPK menjaring Bupati Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur Ismunandar atas dugaan kasus suap.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, Ismunandar, pada Kamis (2/7) malam. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan penangkapan tersebut terkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa.

"Betul tadi malam ada kegiatan tertangkap tangannya para pelaku korupsi terkait penerimaan hadiah atau janji dalam pengadaan barang dan jasa di salah satu kabupaten di Kalimantan Timur," ujar Firli dikutip dari Antara, Jumat (3/7).

Advertisement

Menurutnya, tim KPK masih bekerja di lapangan mengumpulkan beberapa barang bukti. Perkembangan dari kegiatan tangkap tangan tersebut akan disampaikan lebih lanjut.

(Baca: KPK vs PDIP dan Misteri Keberadaan Harun Masiku )

"Kami akan sampaikan semuanya setelah pengumpulan keterangan dan barang bukti selesai," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengatakan, Ismunandar terjaring  operasi tangkap tangan bersama sang istri beserta seorang Kepala Bappeda di sebuah hotel di Jakarta.

Selain itu, kata dia, turut pula diamankan sejumlah pihak di Samarinda dan Kutai Timur. Nawawi menjelaskan, dalam OTT tersebut, pihaknya telah mengamankan sejumlah uang dan buku rekening bank. 

"(Diamankan) sejumlah uang dan beberapa buku rekening bank," ujarnya. 

Namun, Nawawi belum mengetahui jumlah uang yang diamankan dalam OTT tersebut.

Sebelumnya, kinerja OTT KPK dinilai belum menunjukkan upaya maksimal. Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Transparency International Indonesia (TII) bahkan memberikan rapor merah kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk kinerja Desember 2019 hingga Mei 2020.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement