Meski Ada Pandemi, Ekspor Industri Alas Kaki Naik 15% di Triwulan I

Image title
7 Juli 2020, 19:44
Meski Ada Pandemi, Ekspor Industri Alas Kaki Naik 15% di Triwulan I .
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/pras.
Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan sepatu di industri rumahan Surodinawan, Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (26/6/2020). Ekspor industri alas kaki triwulan I naik 15% meski pasar lesu akibat pandemi Covid-19.

Asosiasi Persepatuan Indonesia atau Aprisindo mencatat kenaikan ekspor sebesar 15% pada kuartal I tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu, meski ada pendemi corona. Industri ini masih bisa mencatat ekspor karena terbantu kontrak ekspor yang sebelumnya diteken. 

Direktur Eksekutif Aprisindo Firman Bakri mengatakan, ekspor produk alas kaki tersebut dominasi oleh pesanan dari merek-merek ternama seperti Nike dan Adidas. 

"Beberapa buyer masih ada yang memiliki keuangan kuat. Jadi ketika terjadi pandemi di Eropa dan Amerika Serikat (AS) mereka masih komitmen menyelesaikan ordernya jadi tidak langsung dibatalkan tapi tetep komitmennya dipenuhi," kata Firman kepada katadata.co.id, Selasa (7/7).

(Baca: 7 Sektor Usaha Lesu, Kadin: 6,4 Juta Tenaga Kerja Terdampak Covid-19)

Menurutnya, pasar Eropa dan AS merupakan salah satu pangsa pasar terbesar industri alas kaki. Pasar tersebut berkontribusi 80% terhadap ekspor.

Sepanjang tahun lalu, nilai ekspor sepatu di pasar AS dan Eropa mencapai US$ 4,4 miliar atau setara Rp 60 triliun. 

Namun, seiring adanya pandemi virus corona,nilai tersebut kemungkinan tersebut tidak akan tercapai di tahun ini lantaran penjualan yang terganggu. 

"Industri alas kaki sebenarnya ditargetkan tumbuh tahun ini.. Tapi dengan adanya Covid-19, dampaknya ekspor mulai terasa sejak bulan Mei sedangkan untuk pasar lokal sejak akhir Maret sudah banyak yang tutup karena pembeli banyak membatalkan pesanan," kata dia.

Lebih lanjut, Firman menjelaskan secara keseluruhan pertumbuhan industri alas kaki akan terkoreksi pada tahun ini. Padahal, sebelumnya dia memperkirakan industri alas kaki mampu tumbuh 13%.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...