Didampingi Prabowo, Jokowi Tinjau Lokasi Lumbung Pangan di Kalimantan

Dimas Jarot Bayu
9 Juli 2020, 15:51
Didampingi Prabowo, Jokowi Tinjau Lokasi Lumbung Pangan di Kalimantan.
dok.biro pers istana
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto dan sejumlah menteri mengunjungi lokasi food estate di Kalimantan Tengah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan nasional (food estate) dalam kunjungan kerjanya ke Kalimantan Tengah, Kamis (9/7). Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi sejumlah menteri seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Presiden Moeldoko. 

Hadir pula Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat.

Lokasi pertama yang ditinjau Jokowi sebagai daerah lumbung pangan baru di luar Jawa terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Awalnya, Jokowi menerima paparan yang disampaikan oleh Syahrul terkait lumbung pangan nasional. Presiden lantas meninjau lahan-lahan yang akan menjadi lumbung pangan nasional di lokasi tersebut bersama para menteri.

(Baca: Lumbung Pangan Raksasa di Ibu Kota Baru)

Rencananya, ada 20.704 hektare lahan di Kapuas yang akan menjadi lumbung pangan nasional. Dari jumlah tersebut, lahan fungsional mencapai 5.840 hektare.

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 165 ribu hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional. Yang mana saat ini, ada 85.500 hektare lahan fungsional sudah berproduksi tiap tahunnya.

Rencananya, pengembangan kawasan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah akan dilakukan oleh basis korporasi petani. Hal tersebut akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, dan peternakan. 

Para petani yang menggarap lahan dan peternakan itu selanjutnya akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani. Mereka akan terlebih dahulu difasilitasi, baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya oleh pemerintah.

Usai meninjau lahan yang menjadi lokasi lumbung pangan, Jokowi juga  menyempatkan diri berdiskusi dengan para menteri di sebuah gubuk yang tak jauh dari lokasi lumbung pangan nasional.

(Baca: Mengenal Program Food Estate Pemerintah dan Kritiknya)

Selepas meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan, Kepala Negara beserta rombongan terbatas juga meninjau pengerjaan saluran irigasi primer induk di UPT A.5 di Kecamatan Dadahup, Kapuas. Presiden kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pulang Pisau dengan menggunakan kendaraan jalur darat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...