Jokowi Bakal Bentuk Badan Pengembangan Lumbung Pangan Nasional

Rizky Alika
9 Juli 2020, 20:07
 Jokowi Bakal Bentuk Badan Pengembangan Lumbung Pangan Nasional .
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww.
Petani menanam padi di lahan bekas gambut di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (11/6/2020). Pemerintah terus mengembangkan lumbung pangan untuk mendukung ketahanan pangan dari ancaman krisis.

Pemerintah tengah mempersiapkan pengembangan lumbung pangan nasional (food estate) di Kalimantan Tengah yang berfungsi sebagai cadangan nasional dan memperkuat ketahanan pangan. Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun pengelolaan lumbung pangan tersebut akan dilakukan oleh sebuah badan. 

"Nantinya (food estate) kurang lebih dikelola oleh sebuah badan dan badan ini bisa bekerja sama baik dengan pola investasi, BUMN, atau skema lainnya," kata dia.

Advertisement

Jokowi pun sudah menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai leading sector pengembangan lumbung pangan yang akan berkoordinasi dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Kami juga harap ada dukungan penuh dari Gubernur dan Kepala Bupati," ujar Jokowi di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7).

(Baca: Jokowi Tunjuk Prabowo Pimpin Proyek Lumbung Pangan Nasional di Kalteng)

Menurutnya, pembangunan irigasi sudah dilakukan dalam dua pekan terakhir. Pembangunan lahan lumbung pangan tersebut dilakukan di dua lokasi berbeda, di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Pengembangan kawasan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah akan dilakukan oleh basis korporasi petani. Dengan begitu, pengembangan dapar dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Para petani yang menggarap lahan dan peternakan itu selanjutnya akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani. Mereka akan terlebih dahulu difasilitasi, baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya oleh pemerintah.

Ancaman Ketahanan Pangan 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement