Meski Ada Pandemi dan PSBB, Permintaan CPO Domestik Naik 3,6%

Rizky Alika
10 Juli 2020, 13:36
Meski Ada Pandemi dan PSBB, Permintaan CPO Domestik Naik 3,6% .
Agung Samosir | KATADATA
Ilustrasi produk Crude Palm Oil (CPO). Konsumsi nminyak sawit dalam negeri naik 3,6% di tengah pandemi corona dan PSBB.

Permintaan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) meningkat di tengah penurunan ekspor. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) mencatat, sepanjang Januari-Mei 2020, konsumsi CPO dalam negeri naik 3,6 % menjadi 7.335 ribu ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Konsumsi dalam negeri secara total masih positif ditengah berlakunya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)," kata Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono seperti dikutip dari keterangan pers, Jumat (10/7).

Advertisement

Mukti mengatakan, salah satu konsumsi minyak sawit yang meningkat berasal dari produk oleokimia sebesar 31,4% secara tahunan. Berikutnya, konsumsi biodiesel yang meningkat 23,2% secara tahunan didukung oleh kebijakan pemerintah yang konsisten menerapkan program B30.

(Baca: Permintaan Global Lesu Tekan Ekspor Minyak Sawit Hingga April )

Sedangkan dari sisi permintaan global, ekspor CPO Januari-Mei mencapai 12.736 ribu ton atau turun 13,7% dibadning periode yang sama tahun lalu. Namun, nilai ekspor CPO naik dari US$ 7.995 juta menjadi US$ 8.437 juta.

Penurunan ekspor terutama terjadi pada refined palm oil yang secara umum disebabkan oleh selisih harga minyak sawit dengan minyak kedelai yang kecil.

Penurunan ekspor pada Mei terbesar terjadi di pasar Tiongkok sebesar 87,7 ribu ton atau turun 21%. Lalu, Uni Eropa sebesar 81,5 ribu ton atau turun 16,62%, ke Pakistan sebesar 47 ribu ton atau turun 23,4% dan ke India sebesar 38,6 ribu ton atau turun 9,2%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement