Kapasitas Tes Digenjot, 1.053 Pedagang Pasar Terpapar Covid-19

Image title
14 Juli 2020, 07:31
Kapasitas Test Digenjot, 1.053 Pedagang Pasar Terpapar Covid-19.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz
Aktivitas jual beli tanpa menerapkan protokol kesehatan di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat ada 1.053 pedagang pasar positif terpapar virus corona usai melakukan tes cepat.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau IKAPPI kembali mencatatkan lonjakan kasus positif virus corona di kalangan pedagang pasar tradisional. Sebanyak 1.053 orang pedagang  di 190 pasar di 80 kota dari 26 provinsi diketahui positif corona setelah pemeritah daerah menggencarkan test cepat atau rapid test.

Ketua Bidang Infokom Dewan Pimpinan Pusat IKAPPI, Reynaldi Sarijowan mengatakan, Provinsi DKI Jakarta masih menjadi episentrum penyebaran wabah tertinggi di pasar tradisional dan diikuti wilayah Jawa Timur. Sedangkan wilayah baru yang mencatatkan tambahan kasus cukup tinggi salah satunya, Provinsi Papua.

"Kami mendapatkan penambahan kasus yang cukup tinggi dalam seminggu terakhir dan dilihat dari penambahan itu kebanyakan berada di wilayah yang pemerintah daerahnya masifmelakukan rapid test dan swab test di pasar tradisional," kata Reynaldi melalui siaram pers yang diterima Katadata.co.id, Senin (13/7) malam.

(Baca: Sebanyak 833 Pedagang Pasar Positif Covid-19, Paling Banyak di Jakarta)

Menurut dia, dalam kurun waktu bulan Juni - Juli terjadi peningkatan jumlah pedagang yang terpapar virus corona dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Padahal, seluruh protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk memutus rantai penularan virus corona terus dilakukan.

Oleh karena itu, IKAPPI meminta semua pihak untuk meningkatkan edukasi tentang bahaya wabah ini kepada para pedagang. Selain itu, keterlibatan pedagang dalam proses perumusan kebijakan yang akan di ambil atau  protokol kesehatan juga harus segera dilakukan.

"Kami minta agar ada penguatan edukasi dan bahaya Covid-19 dan memperkuat keterlibatan serta peran pedagang dalam proses protokol kesehatan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...