Harga Minyak Melemah di Tengah Menurunnya Stok AS dan Kesepakatan OPEC

Image title
16 Juli 2020, 09:33
Harga Minyak Turun di Tengah Data Stok Minyak AS dan Kesepakatan OPEC.
KATADATA
Tambang minyak lepas pantai. Harga minyak kembali turun di tengah penyusutan cadangan minyak AS dan kesepakatan OPEC memangkas produksi minyak.

Harga minyak mentah dunia kembali jatuh pada perdagangan Kamis (16/7) di tengah kesepakatan organisasi negara pengekspor minyak beserta sekutunya atau OPEC+ mengurangi pembatasan pasokan Agutus 2020. Meski demikian, ada harapan peningkatan harga dan permintaan Amerika Serikat setelah cadangan minyak mentah negara itu berkurang signifikan.

Mengutip Bloomberg pada pukul 09.00 WIB, harga minyak Brent untuk kontrak pengiriman September 2020 turun 0,07% menjadi US$ 43,76 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 turun 0,22% menjadi US$ 41,09 per barel.

Advertisement

Penurunan harga minyak kembali terjadi setelah sempat naik lebih dari 2% pada Rabu (15/7) yang dipicu oleh menyusutnya persediaan minyak mentah AS.

(Baca: OPEC Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Berangsur Naik)

Pada pertemuan kemarin, OPEC + sepakat mengurang produksi minyak dari Agustus untuk mendukung pemulihan harga minyak dan ekonomi global akibat pandemi corona.

OPEC + telah memangkas produksi sejak Mei sebesar 9,7 juta barel per hari, atau 10% dari pasokan global. Mulai Agustus, pasokan minyak akan berkurang menjadi 7,7 juta barel per hari hingga Desember.

"Beberapa investor mengambil untung setelah keputusan OPEC +, tetapi sisa cadangan minyak mentah AS memberikan beberapa dukungan," kata Kepala Analis di Fujitomi CoKazuhiko Saito, dilansir dari Reuters, Kamis. 

Data Administrasi Informasi Energi menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 7,5 juta barel pekan lalu. Angka ini  jauh lebih besar dibanding prediksi penurunan 2,1 juta barel oleh sejumlah analis dalam jajak pendapat Reuters. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement