Lima Strategi Ridwan Kamil Kendalikan Penyebaran Covid-19 di Jabar

Dimas Jarot Bayu
16 Juli 2020, 12:30
Ridwan Kamil Ungkap 5 Strategi Jabar Kendalikan Penyebaran Covid-19.
Katadata
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan lima strategi Jawa Barat mengendalikan laju penyebaran virus corona.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim wilayahnya sudah mampu mengendalikan pandemi virus corona saat ini. Hal tersebut terlihat dari tingkat keterpaparan corona di Jawa Barat yang hanya sebesar 4,23%.

"Menurut WHO kalau dari 100% testing swab PCR di bawah 5% selama tiga minggu itu juga masuk kategori terkendali dan kita sudah ada di sana," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil dalam webinar Katadata - DBS Asian Insights bertajuk Navigating A Brave New World, Kamis (16/7).

Emil mengungkapkan ada  lima strategi yang dilakukan Pemprov Jawa Barat dalam mengendalikan corona. Pertama, Pemprov Jawa Barat selalu berperan pro-aktif dalam upaya mengendalikan corona.

(Baca: Ridwan Kamil Wajibkan Warga Sekitar Secapa TNI AD Bandung Tes Corona)

Pemprov Jawa Barat juga harus cepat mengambil keputusan dalam berbagai situasi. "Tidak selalu menunggu. Di mana ada keputusan yang harus diambil di momen urgent, kita lakukan," kata Emil.

Meski demikian, keputusan itu dilakukan berdasarkan kajian ilmiah. Menurut Emil, Pemprov Jawa Barat memiliki penasihat di bidang epidemiologi dan ekonomi yang mengiringi pengambilan keputusan.

Ketiga, Pemprov Jawa Barat selalu transparan menyampaikan informasi kepada masyarakat. "Berita baik disampaikan baik, berita buruk disampaikan buruk, dan kita kencangkan ikat pinggang kita untuk hadapi apapun yang terburuk dalam situasi pandemi ini," katanya. 

Menurut dia, pemerintahan daerahnya juga kerap berkolaborasi dalam menghadapi pandemi corona. Dia mencatat ada lebih dari 300 pihak yang ikut membantu Pemprov Jawa Barat dalam hadapi krisis saat ini.

Dari 300 pihak tersebut, ada 13 negara yang ikut mendukung upaya penanganan corona di Bumi Pasundan. "Serta ada puluhan individu dan perusahaan sampai jumlah totalnya ada 300," kata dia.

(Baca: Ridwan Kamil Akui Sulit Kontrol Lembaga Pendidikan Berbasis Asrama)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...