Gaikindo Minta Spesifikasi D100 untuk Cegah Kerusakan Mesin Kendaraan

Image title
19 Juli 2020, 12:18
Hindari Kerusakan Mesin, Gaikindo Minta Spesifikasi D100 ke Pertamina.
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi mesin kendaraan di pabrik mobil. Gaikindo meminta spesifikasi teknis kepada Pertamina terkait pengembangan D100.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta Pertamina mengirimkan detail spesifikasi produk green diesel atau D100 yang saat ini tengah dikembangkan. Hal ini untuk memastikan produk tersebut aman digunakan pada kendaraan milik produsen otomotif.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, mengatakan para produsen perlu melihat kembali spesifikasi detail bahan bakar pada produk D100. Langkah ini guna menghindari terjadinya masalah pada kendaraan di kemudian hari, seperti endapan pada pipa yang dapat merusak mesin.

Advertisement

"D100 kan ada spesifikasi teknisnya, Pertamina akan kami mintakan (spesifikasinya) untuk kemudian disampaikan ke para Agen Pemegag Merek (APM)," ujar Jongkie kepada Katadata.co.id, Minggu (19/7).

(Baca: Pertamina Produksi D100, Apa Bedanya dengan B100?)

Setelah spesfikasi bahan bakar ramah lingkungan itu dikirimkan ke produsen, berikutnya akan dilakukan uji coba kendaraan yang diproduksi di Indonesia. "Jika diperlukan ada modifikasi mesin dan lain sebagainya untuk penyesuaian," ujarnya.

Seperti diketahui, Pertamina akhirnya memproduksi green diesel atau D100 sebanyak 1.000 barel per hari. Bahan bakar minyak atau BBM ramah lingkungan tersebut merupakan hasil pengolahan Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBDPO) 100% di Kilang Dumai.

Pertamina menyebut telah melakukan uji performa (road test) penggunaan D-100 dalam campuran bahan bakar kendaraan. Hal ini dinilai dapat meningkatkan performa kendaraan dan mengurangi emisi gas buang.

Deputy CEO PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Budi Santoso Syarif menjelaskan, dalam uji performa, bahan bakar yang digunakan yakni campuran D-100 sebanyak 20%, Dexlite sebanyak 50% dan FAME sebanyak 30%.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement