Tren Gowes Kerek Penjualan Sepeda Hingga 30% Selama Pandemi

Image title
20 Juli 2020, 18:19
Tren Gowes Kerek Penjualan Sepeda Hingga 30% Selama Pandemi.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Warga mengayuh sepedanya saat melintas di jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Penjualan sepeda rata-rata naik 30% setiap bulan selama pandemi corona.

Tren olahraga sepeda selama pandemi corona membawa berkah bagi sektor usaha. Penjualan sepeda rata-rata naik hingga 30% pada April dan Juli 2020 terdorong oleh perubahan gaya hidup masyarakat.

"Rata-rata kenaikan mungkin sekitar 30% dibanding penjualan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan terjadi pada akhir April saat pemerintah mulai melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," kata Ketua Umum AIPI Asosiasi Industri Persepedaan Indonesia atau AIPI, Rudiyono kepada Katadata.co.id, Senin (20/7).

Advertisement

Dia mengatakan, tren serupa juga terjadi pada hampir seluruh negara yang telah melonggarakan kebijakan karantina wilayah atau lockdown. Padahal sebelumnya, banyak produsen sepeda telah merumahkan karyawan.

Kenaikan permintaan sepeda menurutnya terjadi mendadak dan terdiprediksi sebelumnya. Alhasil, produsen sepeda sempat kewalahan memenuhi permintaan pasar yang meningkat secara tajam dan mendadak. Pembeli pun akhirnya harus menunggu hingga stok sepeda kembali diproduksi.

Kendati permintaannya tinggi, diamengklaim produsen tidak ada kenaikan harga. Beberapa jenis sepeda yang paling laris di pasaran antara lain adalah sepeda lipat, sepeda city bike dan sepeda gunung. 

"Harga masing-masing perusahaan berbeda. Yang jelas perushaan sudah mengirimkan ke semua jaringan penjual untuk tidak menaikkan harga," katanya.

Meski demikian, berdasarkan pantauannya di tingkat pengecer sudah terjadi kenaikan akibat menipisnya persediaan. Dia pun menilai hal tersebut wajar terjadi seiring dengan mekanisme pasar. 

Tren Bike to Work

Tren bersepeda telah merebak di sebagian masyarakat perkotaan. Co-Founder Bike to Work Abby Kahuna mengatakan, imbas pelonggaran PSBB membuat jumlah masyarakat yang bekerja menggunakan sepeda meningkat tiga hingga lima kali lipat dibandingkan sebelum pandemi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement