Malaysia Buka Wisata Kesehatan bagi Negara Zona Hijau, RI Tak Termasuk

Image title
Oleh Ekarina
22 Juli 2020, 16:14
Malaysia Buka Wisata Kesehatan bagi Negara Zona Hijau, RI Tak Termasuk.
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww.
Sejumlah pemudik Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia tiba di kedatangan Internasional Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (21/5/2020). Malaysia kembali membuka wisata medis bagi negra zona hijau, namun Indonesia tak termasuk di dalamnya.

Pemerintah Malaysia kembali mengizinkan wisatawan kesehatan (medical tourism) dari pengunjung negara kategori hijau Covid-19 untuk melakukan perawatan. Namun, dari sejumlah negara zona hijau yang masuk daftar, Indonesia tidak termasuk salah satu di dalamnya. 

Menteri Senior (Kluster Keamanan), Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob dalam jumpa pers menyatakan, sejumlah negara yang masuk dalam zona hijau diizinkan kembali datang untuk melakukan pengobatan di Negeri Jiran. Negara tersebut antara lain adalah Brunei, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Australia dan Selandia Baru.

Meski demikian, pemberian izin menurutnya masih tergantung kepada pembahasan dengan Kementerian Luar Negeri bersama negara terkait.

"Mereka yang dibolehkan masuk ke Malaysia menggunakan pesawat komersial bagi yang ingin mendapatkan perawatan di negara ini," katanya.

Adapun pelancong kesehatan akan diwajibkan menjalani tes Covid-19 sebelum berangkat dan tiba di Malaysia. 

"Pasien akan dijemput di pintu masuk bandara lalu dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan," ujarnya. 

Pada kesempatan terpisah Head Marketing Institut Jantung Negara (IJN) Akim Affandi Ahmad  mengungkapkan, pasien dari Indonesia tetap kaan diterima bila ingin melakukan perawatan di fasilitas kesehatan di sana. Namun, hanya untuk pasien darurat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...