Pergerakan Penumpang di Bandara Baru 17% pada Masa Normal Baru

Rizky Alika
22 Juli 2020, 18:12
Normal Baru Berjalan, Pergerakkan Penumpang di Bandar AP I Baru 17%.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Calon penumpang dengan menerapkan jaga jarak. Angkasa Pura I mencat peningkatan penumpang selama normal baru sekitar 17%.

Penerapan fase normalan baru (new normal) pada sektor usaha sudah berjalan lebih dari sebulan. Namun, hal ini belum terlalu berdampak terhadap peningkatan pergerakkan jumlah penumpang maskapai penerbangan.

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat, peningkatan pergerkkan penumpang di bandara yang dikelola perusahaan baru sekitar 17% sejak transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan awal Juni lalu. 

"Berdasarkan monitoring sampai Juli, rata-rata penerbangan sekitar 35% dari normal namun jumlah penumpang baru 17% dari kondisi normal," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi dalam sebuah webinar, Rabu (22/7).

Menurutnya, jumlah penumpang di bandara di AP I sempat menurun tajam. Adapun titik terendah dicatat pada Mei lalu, dengan jumlah penumpang hanya 75 ribu atau turun 99% dalam sebulan. 

Padahal, dalam kondisi normal, jumlah penumpang bandara AP I rata-rata bisa mencapai 7,5 juta penumpang per bulan. Dengan PSBB transisi, dia pun mengaku mulai ada peningkatan penumpang, meskipun tak setinggi periode sebelum pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, dia memastikan kepentingan kesehatan dan ekonomi akan tetap diakomodir secara bersamaan melalui kerja sama sejumlah pihak. "Beberapa airlines juga ada yang mengalami cashflow," ujar dia.

Untuk mengantisipasi dampak penurunan jumlah penumpang terhadap pendapatan bandara, perseroan telah menyiapkan sejumlah langkah. Seperti, mengidentifikasi risiko, kondisi keuangan, dan operasional, namun  dengan tetap mengutamakan faktor pelayanan publik. 

AP I juga meningkatkan aktivitas bisnis yang tidak berkaitan dengan penumpang, seperti pada layanan logisitik atau kargo. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...