Genjot Transportasi, Kemenhub Dorong Perjalanan Dinas ke Objek Wisata

Rizky Alika
22 Juli 2020, 21:36
Genjot Transportasi, Kemenhub Dorong Perjalanan Dinas ke Objek Wisata.
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Sejumlah armada pesawat AirAsia terparkir di Apron Terminal 1D Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (5/5/2020). Kemenhub menggodok sejumlah kebijakan untuk menggeliatkan sektor transportasi.

Transportasi menjadi salah satu sektor yang terpukul cukup parah akibat pandemi corona. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menggodok berbagai kebijakan untuk mendorong pemulihan permintaan sektor transportasi, salah satunya dengan mendukung perjalanan dinas lingkup kementerian ke objek wisata.

"Perjalanan dinas kami dorong, kalau bisa di bulan ini terus meningkat. Mereka dipersilakan kunjungi objek wisata di luar Bali," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Wihana Kirana Jaya dalam webinar Transportasi Publik dan Geliat Ekonomi Pada Masa Pandemi, Rabu (22/7).

Menurutnya, perjalanan ke objek wisata dapat mendorong pembelanjaan uang (spending money) dan menicptakan efek berganda (multplier effect) masyarakat.

Pihaknya juga tengah menyusun pemberian subsidi sektor transportasi guna meningkatkan output sektor tersebut. Adapun subsidi ini ditujukan untuk korporasi, operator, atau kepada masyarakat.

Di sisi lain, Kemenhub bersama Kementerian Keuangan tengah melihat potensi pemberian stimulus melalui pajak atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Namun, kebijakan tersebut masih dalam tahap pembahasan. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah terus berupaya untuk memulihkan sektor transportasi yang mengalami tekanan di masa Pandemi Covid-19.

“Kami terus mencari rumusan kebijakan yang pas yang memperhatikan keseimbangan antara konsumen dan perusahaan transportasi," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...