Konflik Memanas, Tiongkok Resmi Ambil Alih Konsulat AS di Chengdu

Image title
Oleh Ekarina
27 Juli 2020, 13:25
Konflik Memanas, Tiongkok Resmi Ambil Alih Konsulat AS di Chengdu.
ANTARA FOTO/REUTERS/Adrees Latif/nz/cf
Seorang pria berbicara dengan seorang penjaga keamanan di luar Konsulat Jenderal China di Houston, Texas, Amerika Serikat, Rabu (22/7/2020). Tiongkok resmi mengambil alih konsulat AS di Chengdu, Senin (27/7) pagi menandai memanasnya konflik kedua negara.

Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok terus memanas selama sepekan terakhir. Informasi terbaru menyebutkan, Tiongkok mulai mengambil alih gedung konsulat AS di barat daya kota Chengdu, Tiongkok.

Upaya ini merupakan balasan atas pengusiran konsulat Tiongkok di Houston, Texas.

Advertisement

Dikutip dari Reuters, kepolisian kota Chengdu membatasi akses ke daerah di sekitar gedung tersebut pada Senin pagi. Empat petugas dengan alat pelindung diri terlihat berjalan menuju konsulat sekitar pukul 10:24 waktu setempat.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan penutupan konsulat dilakukan pada pukul 10 pagi.  Menurut pihak Kemenlu, otoritas setempat mulai memasuki gedung dan mengambil alih tempat itu.

Beijing telah memerintahkan penutupan fasilitas itu pada Jumat (27/7), setelah Washington pekan lalu mengultimatum Negeri Panda untuk mengosongkan konsulatnya di Houston dalam 72 jam.

Departemen Dalam Negeri AS sebelumnya menyebutkan, penutupan kantor konsulat Tiongkok di Texas itu dilakukan untuk melindungi kekayaaan intelektual dan informasi pribadi AS. Kajadian tersebut merupakan momentum paling dramatis  sejak konflik antara dua ekonomi terbesar dunia itu langsung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement