Bandara Soetta Siapkan Jalur Khusus Bagi Penumpang Pemegang Tes PCR

Image title
Oleh Ekarina
27 Juli 2020, 17:31
Bandara Soetta Siapkan Jalur Khusus Bagi Penumpang Pemegang Tes PCR.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Penumpang dengan menerapkan jaga jarak antre mendapatkan hasil tes. Bandara Soetta akan menyediakan lajur khusus bagi calon penumpang yang memiliki surat hasil tes PCR.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta bakal menyediakan jalur khusus untuk para calon penumpang maskapai penerbangan yang mengantongi hasil tes polymerase chain reaction (PCR) negatif.  Hal ini dilakukan untuk memudahkan dan mempercepat alur penumpang sekaligus mencegah penyebaran virus corona. 

“Kalau yang punya hasil tes PCR negatif akan lebih mudah karena ada jalur khusus bagi WNI dan WNA,” kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma’ruf dalam diskusi daring “Talk Show Corona” di Jakarta, Senin.

Advertisement

Anas mengatakan pada prinsipnya, pemerintah mewajibkan bagi setiap WNI maupun WNA yang datang untuk memiliki hasil PCR negatif.

Semua prosedur kedatangan baik WNI maupun WNA mengacu pada SE Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/338/2020 tentang Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Bandar Udara Soekarno Hatta dan Bandar Udara Juanda.

Prosedur berikutnya, penumpang akan diberikan health alert card, mengisi formulir, pemeriksaan kesehatan (suhu, oksigen) dan wawancara.

Jika penumpang  tidak mempunya PCR negatif,  maka akan diminta mengisi dokumen, helath alert card, di cek suhu dan oksigen, yang bersangkutan akan dites rapid di bandara.

"Kalau reaktif akan dirujuk ke rumah sakit darurat corona di Kemayoran. Sedangkan jika hasilnya tidak reaktif, akan diberikan pengantar karantina untuk dilakukan swab,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement