Sentimen Stimulus AS Kerek Harga Minyak Dunia

Image title
28 Juli 2020, 08:43
Harga Minyak Naik Terdorong Sentimen Bantuan Stimulus AS.
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak dunia naik dipicu stimulus ekonomi AS.

Harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan pada perdagangan Selasa (28/7) pagi waktu Indonesia. Kenaikan ini terjadi di tengah harapan adanya stimulus  dari pemerintah Amerika Serikat (AS) guna membantu revilisasi atau pemulihan ekonomi negara itu dari pandemi virus corona

Meski demikian, kenaikan harga minyak masih dibatasi oleh lonjakan kasus baru virus corona serta meningkatnya ketegangan antara AS dan Tiongkok

Advertisement

Mengutip Bloomberg pada hari ini pukul 08.10 WIB, harga minyak Brent untuk kontrak pengiriman September 2020 naik 0,58% ke level US$ 43,66 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 0,36% ke US$ 41,75 per barel.

Partai Republik di Senat Amerika Serikat kemarin mengumumkan proposal paket bantuan virus corona senilai US$ 1 triliun yang disepakati dengan Gedung Putih. Langkah ini diharapkan bisa membuka jalan negosiasi dengan Partai Demokrat terkait rencana bantuan tunjangan pengangguran bagi  jutaan warga AS yang berakhir  pekan ini. 

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell mengatakan, stimulus ini akan difokuskan untuk mengembalikan anak-anak ke sekolah, karyawan ke pekerjaannya dan mendukung perawatan kesehatan dalam melawan penyakit yang telah menewaskan 150 ribu orang di AS. 

"Dibutuhkan kerjasama bipartisan untuk menjadikan UU KESEHATAN menjadi hukum bagi rakyat Amerika," kata McConnell dalam pidatonya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement