Tren Gowes Diramal Kerek Permintaan Sepeda hingga 8 Juta Unit di 2020

Image title
28 Juli 2020, 12:48
Tren Gowes Diramal Kerek Permintaan Sepeda hingga 8 Juta Unit di 2020.
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Sejumlah warga menyewa sepeda di jasa penyewaan sepeda. Permintaan sepeda diramal naik mencapai 8 juta unit tahun ini.

Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) memperkirakan permintaan pasar sepeda di Indonesia mencapai 8 juta tahun ini. Hal ini terjadi seiring meningkatnya tren bersepeda dan perubahan gaya hidup masyarakat di tengah pandemi corona

Sekretaris Jenderal Apsindo Eko Wibowo mengatakan, tingginya permintaan sepeda merupakan fenomena baru bagi produsen sepeda dalam 25 tahun terakhir. Meningkatnya permintaan secara mendadak menyebabkan kelangkaan pasokan di pasar sehingga harganya melambung tinggi.

"Beberapa industri sudah meningkatkan produksi sampai 200% dari kapasitas normal supaya kebutuhan masyarakat akan sepeda bisa terpenuhi," kata Eko dalam podcast Katadata.co.id bertajuk 'Gowes Kala Pandemi: Sehat atau Gaya Hidup', dikutip Selasa (28/7).

Menurut dia, tren peningkatan permintaan sepeda terjadi serentak hampir di seluruh negara ketika kebijakan karantina wilayah atau lockdown mulai dilonggarkan. Kondisi ini akhirnya menyebabkan produsen kewalahan memenuhi permintaan baik untuk unit sepeda secara utuh (full bike) maupun suku cadangnya.

Untuk segmen sepeda yang laris di pasaran internasional dan Indonesia, 60% di antaranya disumbang oleh jenis sepeda lipat dan city bike, lalu 30% sepeda gunung dan sisanya sepeda anak sepeda BMX atau bicycle motocross.

"Kami sempat kehabisan stok cukup lama karena tidak punya barang lagi yang akan dijual, sampai barang yang lima tahun tak terjual akhirnya laku," kata dia.

Meski peningkatannya sedang tinggi, dari sisi produsen, Eko memastikan produsen sebenarnya tidak menaikkan harga. Tapi, kenaikan harga pasar juga tidak bisa dicegah karena terjadi sesuai hukum pasar.  

"Pada Juli - Agustus toko-toko sepeda sudah mulai ada stoknya, walaupun bertahap harga akan kembali wajar," kata dia.

Ketua Umum Asosiasi Industri Persepedaan Indonesia atau AIPI, sebelumnya mengatakan penjualan sepeda di Tanah Air rata-rata naik 30% pada April dan Juli 2020.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...