Kurangi Beban, Pengusaha Respons Positif Subsidi Abonemen Listrik

Rizky Alika
28 Juli 2020, 15:20
Kurangi Beban, Pengusaha Respons Positif Subsidi Abonemen Listrik.
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Pekerja beraktivitas di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (Gitet) transmisi Jawa bagian timur dan Bali di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (8/4/2020). Pengusaha merespons positif insentif listrik pemerintah.

Kalangan pengusaha merespons positif upaya pemerintah memperluas subsidi pembayaran abonemen listrik pelanggan PLN di sektor sosial, bisnis, dan industri. Langkah ini diharapkan mampu mengurangi beban operasional dan membantu keuangan perusahaan di tengah pandemi corona

"Kebijakannya menarik tapi kami belum tau mekanismenya seperti apa," kata Sekjen Peerhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran saat dihubungi Katadata, Selasa (28/7).

Meski begitu, pengusaha hotel dan restoran telah lama meminta penghapusan biaya abonemen listrik lantaran dinilai memberatkan. 

Apalagi dengan tingkat okupansi hotel yang belum sepenuhnya terisi yakni hanya berkisar 1-15% dari total kamar. Akibatnya, penggunaan listrik perhotelan masih di bawah tagihan minimum (minimum charge).

Pengusaha pun harus membayar listrik yang tidak terpakai. Oleh karena itu, biaya listrik menjadi beban operasional yang memberatkan pengusaha.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Perindustrian Johnny Darmawan mengapresiasi langkah pemerintah memberi keringanan abonemen listrik. Sebab, insentif ini dapat sedikit menekan beban  pengusaha di tengah pendapatan yang menurun akibat pandemi corona. 

"Jadi yang harus dilakukan ialah pengurangan biaya operasional, salah satunya PLN, sebab biaya listrik mahal sekali," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...