Arus Limbah Plastik ke Laut Diprediksi Naik 3 Kali Lipat pada 2040

Image title
Oleh Ekarina
29 Juli 2020, 16:32
Arus Limbah Plastik ke Laut Diprediksi Naik 3 Kali Lipat pada 2040 .
Antara | Yusuf Nugroho
Ilustrasi sampah di pinggir laut. Sebuah penelitian memperkirakan, jumlah sampah plastik yang mengalir ke laut meningkat 3 kali lipat pada 2040.

Jumlah sampah plastik yang mengalir ke lautan diperkirakan naik hingga tiga kali lipat pada 20 tahun mendatang atau pada 2040. Banyak pihak mendesak pemerintah dan perusahaan swasta untuk mengurangi penggunan plastik. dan mengurangi pencermaran lingkungan

Konsumsi plastik sekali pakai telah meningkat selama pandemi corona, menurut lembaga swadaya masyarakat, International Solid Waste Association. Masker wajah dan sarung tangan lateks mengalir setiap hari di wilayah pantai terpencil Asia.

Advertisement

Masih menurut lsm tersebut, tempat pembuangan sampah di seluruh dunia menumpuk yang  di antaranya berasal dari wadah makanan yang dapat dibawa pulang dan kemasan pengiriman online.

Sementara itu, penelitian baru dari para ilmuwan dan pakar industri  The Pew Charitable Trusts dan SYSTEMIQ, mengungkapkan sejumlah solusi diharapkan bisa memangkas proyeksi volume arus plastik ke laut hingga 80%, salah satunya dengan membuat peta jalan. 

Namun, bila tidak ada upaya yang ditempuh untuk mengendalikan, jumlah plastik yang masuk ke laut setiap tahun akan meningkat dari 11 juta ton menjadi 29 juta ton pada tahun 2040. Adapun berat limbah ini setara dengan 3 juta paus biru , menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science.

“Polusi plastik adalah sesuatu yang mempengaruhi semua orang. Ini bukan 'masalah Anda dan bukan masalah saya'. Itu bukan masalah satu negara. Ini masalah semua orang, "kata Manajer Senior Pew Charitabe Trust, Winnie Lau dikutip dari Reuters. 

Strategi perbaikan yang diungkapkan dalam laporan itu, antara lain mencakup pengalihan investasi produksi plastik menjadi bahan-bahan alternatif, fasilitas daur ulang, dan perluasan pengumpulan sampah di negaraberkembang.

Ini akan membuat rantai industri energi berputar, dari semula produksi plastik berbahan minyak tradisional berganti ke penggunaan sumber energi yang lebih bersih.

Kemasan Minyak dan Soda

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement